STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGOTA SIMAPANAN MUDHARABAH DITINJAU DARI MARKETING SYARIAH (Studi Kasus Di BMT Rahmat Kediri)

DIANA, SULLAMUD (2024) STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGOTA SIMAPANAN MUDHARABAH DITINJAU DARI MARKETING SYARIAH (Studi Kasus Di BMT Rahmat Kediri). Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
931406818_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931406818_bab1.pdf

Download (653kB)
[img] Text
931406818_bab2.pdf

Download (550kB)
[img] Text
931406818_bab3.pdf

Download (325kB)
[img] Text
931406818_bab4.pdf

Download (472kB)
[img] Text
931406818_bab5.pdf

Download (649kB)
[img] Text
931406818_bab6.pdf

Download (312kB)
[img] Text
931406818_daftarpustaka.pdf

Download (421kB)
[img] Text
931406818_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)

Abstract

SULLAMUD DIANA, 2023. Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Simpanan Mudharabah Ditinjau Dari Marketing Syariah (Studi Kasus Pada BMT Rahmat Kediri). Perbankan Syariah, Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing Dr. Andriani, SE,MM dan Abdul Rosyid M.A, Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Simpanan Mudharabah, Marketing Syariah Sebuah usaha akan sukses dan bertahan lama dikarenakan memiliki strategi pemasaran yang baik, pemasaran yang baik juga dilandasi dengan prinsip marketing syariah. betapapun baiknya sebuah pemasaran jika tidak sesuai dengan prinsip marketing syariah, maka pemasaran tersebut belum dapat dikatakan baik karena dalam pemasarannya terjadi penyimpangan. Adapun dari tujuan penelitian ini yaitu yang pertama, untuk mengetahui strategi bauran pemasaran di BMT Rahmat Kediri, yang kedua untuk mengatahui startegi bauran pemasaran dalam meningkatkan jumlah anggota simpanan mudharabah di BMT Rahmat Kediri, dan yang ketiga untuk mengetahui strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan jumlah anggota simpanan mudahrabah ditinjau dari marketing syariah di BMT Rahmat Kediri. Penelitian merupakan jenis kualitatif deskriptif. Menggunakan sumber data yang dikumpulkan ada dua macam, yaitu sumber data primer dan sekunder yang dilakukan dengan caara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menjelaskan yang pertama, bahwa strategi bauran pemasaran yang dilakukan BMT rahmat Kediri menggunakan bauran pemasaran, yakni 4P dapat meningkatkan jumlah anggota simpanan mudharabah sesuai data pada tahun 2020-2022. Yang kedua bahwa peningkatan jumlah anggota simpanan mudharabah Pada tahun 2020 terdapat 14 anggota baru atau tumbuh 3,3%. Kemudian tahun 2021 terdapat 24 anggota baru atau tumbuh 5,%. Tahun 2022 terdapat 30 anggota baru atau tumbuh 6,8%. Sedangkan yang ketiga dalam marketing syariah secara keseluruhan pemasaran yang dilaksanakan di BMT Rahmat Kediri telah sesuai dengan nilai dan karakteristik pemasaran syariah, walaupun dalam segi promosi sudah tidak dimaksimalkan dengam tidak adanya promosi apapun baik dengan menggunakan media cetak ataupun media sosial, hal tersebut jika dipandang dari segi pemasaran syariah tidak sesuai dengan karakter realistis.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Sullamud Diana
Date Deposited: 26 Nov 2024 06:45
Last Modified: 19 Dec 2024 04:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15919

Actions (login required)

View Item View Item