HARYANI, CINDY (2024) Perbedaan Hubungan Keaktifan Mengikuti Kegiatan Organisasi Intra Sekolah (PMR, Osis Dan Pramuka) Dengan Kepercayaan Diri Siswa Di Sman 1 Plosoklaten. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933408119_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
933408119_bab1.pdf Download (458kB) |
|
Text
933408119_bab2.pdf Download (505kB) |
|
Text
933408119_bab3.pdf Download (514kB) |
|
Text
933408119_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) |
|
Text
933408119_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
|
Text
933408119_bab6.pdf Download (339kB) |
|
Text
933408119_daftarpustaka.pdf Download (327kB) |
|
Text
933408119_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
933408119_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (183kB) |
Abstract
CINDY HARYANI. 2024. Dosen Pembimbing (1) Dr. Moh. Shofiyul Huda MF, M.Ag., dan Pembimbing (2) Nur Aziz Afandi, S. Psi., M. Si., PERBEDAAN HUBUNGAN KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN ORGANISASI INTRA SEKOLAH (PMR, OSIS DAN PRAMUKA) DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMAN 1 PLOSOKLATEN. Skripsi, Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuludin dan Dakwah, Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2024. Kata Kunci: Keaktifan Organisasi. Kepercayaan Diri, OSIS, Pramuka, PMR Percaya diri merupakan suatu hal penting dalam hidup karena sangat menentukan keberhasilan dari seseorang. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan kepercayaan diri di lingkungan sekolah yaitu dengan mengikuti kegiatan organisasi yang telah disediakan. Melalui organisasi, siswa dapat menyalurkan bakat dan kreativitas yang dimiliki. OSIS melatih kepemimpinan, organisasi Pramuka melatih inovasi dan kreativitas, serta PMR melatih rasa empati dan tanggung jawab. Perlu dimengerti perbedaan kegiatan organisasi dalam membentuk kepercayaan diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan organisasi dan kepercayaan diri siswa yang mengikuti organisasi OSIS, Pramuka dan PMR, juga mengetahui perbedaan hubungan antara keaktifan mengikuti organisasi OSIS, Pramuka, PMR dengan kepercayaan diri pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling diperoleh responden sebanyak 85 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah keaktifan organisasi dan kepercayaan diri. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Analisis data penelitian menggunakan uji beda T-test dengan bantuan software komputer yaitu SPSS for windows versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan organisasi siswa yang mengikuti OSIS, Pramuka dan PMR berada pada kategori sedang. Kemudian hasil dari tingkat kepercayaan diri anggota organisasi OSIS, Pramuka dan PMR berada pada kategori sedang, Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hubungan keaktifan organisasi OSIS, Pramuka dan PMR dengan kepercayaan diri. Dibuktikan dengan hasil uji korelasi keaktifan organisasi OSIS dengan kepercayaan diri adalah 0,743 dan pengaruh keaktifan organisasi OSIS terhadap kepercayaan diri sebesar 55,2%. Hasil uji hipotesis korelasi keaktifan organisasi Pramuka dengan kepercayaan diri adalah 0,813 dan pengaruh keaktifan organisasi Pramuka terhadap kepercayaan diri sebesar 66,1%. Kemudian hasil uji hipotesis korelasi keaktifan organisasi PMR dengan kepercayaan diri adalah 0,807 dan pengaruh keaktifan organisasi PMR terhadap kepercayaan diri sebesar 65,1%.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | CINDY HARYANI |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 07:04 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 07:04 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15916 |
Actions (login required)
View Item |