Winarsih, - (2020) Pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X IIS pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 5 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
932107515_Pra bab.pdf Download (576kB) |
|
Text
932107515_Bab 1.pdf Download (157kB) |
|
Text
932107515_Bab 2.pdf Download (174kB) |
|
Text
932107515_Bab 3.pdf Download (328kB) |
|
Text
932107515_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
Text
932107515_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
Text
932107515_Bab 6.pdf Download (138kB) |
|
Text
932107515_Daftar Pustaka.pdf Download (143kB) |
|
Text
932107515_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Media pembelajaran video adalah perantara yang mampu menampilkan gambar bergerak dan suara dengan tujuan membuat peserta didik dapat menyerap pesan atau informasi yang telah disampaikan dalam kegiatan belajar. Sedangkan motivasi belajar adalah suatu usaha dari dalam maupun luar diri siswa yang bertujuan untuk meningkatkan kegiatan belajar sehingga tujuannya dapat dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) motivasi belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran video pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 5 Kediri, (2) motivasi belajar siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran video pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 5 Kediri, (3) apakah media pembelajaran video berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas X IIS pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 5 Kediri Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS di MAN 5 Kediri. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IIS 3 sebagai kelas kontrol dan kelas X IIS 4 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Berdasarkan data yang telah terkumpul, data dianalisis menggunakan Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran video pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 5 Kediri sebesar 64,0571 dalam kategori tinggi. (2) Motivasi belajar siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran video pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 5 Kediri sebesar 54,7714 dalam kategori sedang. (3) Ada pengaruh media pembelajaran video terhadap motivasi belajar siswa kelas X IIS pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 5 Kediri dengan thitung sebesar 3,494. Apabila dibandingkan dengan tt el sebesar 1,99547, maka Ho ditolak dan Ha diterima karena thitung lebih besar dibandingkan tt el. Kesimpulan yang sama juga didapatkan ketika digunakan skor Sig. (2-tailed) sebesar 0,001. Karena 0,001 kurang dari 0,05 dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen (yang menggunakan media pembelajaran video) dan kelas kontrol (yang menggunakan media pembelajaran konvensional).
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 03:14 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 03:14 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1591 |
Actions (login required)
View Item |