Peran Strategi Pemasaran Tradisional Dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha (Studi Pada Home Industry Kerupuk Ikan Tenggiri Cap Ikan Terbang Di Desa Gedangan Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto)

RAHMANDARI, RIZKI (2024) Peran Strategi Pemasaran Tradisional Dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha (Studi Pada Home Industry Kerupuk Ikan Tenggiri Cap Ikan Terbang Di Desa Gedangan Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20401181_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20401181_bab1.pdf

Download (302kB)
[img] Text
20401181_bab2.pdf

Download (290kB)
[img] Text
20401181_bab3.pdf

Download (189kB)
[img] Text
20401181_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
20401181_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
20401181_bab6.pdf

Download (91kB)
[img] Text
20401181_daftarpustaka.pdf

Download (237kB)
[img] Text
20401181_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20401181_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (231kB)

Abstract

RIZKI RAHMANDARI, Dosen Pembimbing Dr. Yuliani, SE, MM. dan Erawati Dwi Lestari, SS, M.Hum. : PERAN STRATEGI PEMASARAN TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA (Studi pada Home Industry Kerupuk Ikan Tenggiri Cap Ikan Terbang). Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2024. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pendapatan, Usaha. Strategi pemasaran merupakan strategi yang penting dalam upaya memperoleh keunggulan bersaing yang berkelanjutan bagi perusahaan, baik yang bergerak dalam produksi barang maupun jasa. Pendapatan adalah hasil yang diperoleh dari transaksi penjualan barang atau layanan yang dilakukan oleh suatu entitas usaha dalam suatu periode tertentu. Namun, dengan keunikan dalam memasarkannya yang berbeda dari yang lain yakni hanya menggunakan strategi offline saja atau tradisional. Berkaitan dengan hal tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran tradisional home industry kerupuk ikan tenggiri Desa Gedangan Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto dan untuk menganalisis peran strategi pemasaran tradisional home industry dalam meningkatkan pendapatan usaha kerupuk ikan tenggiri Desa Gedangan Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif (field research) dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk proses analisis data, penulis melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tahap terakhir untuk keabsahan data yang diperoleh maka penulis melakukan peningkatan ketekunan, triangulasi dan kecukupan referensi. Hasil penelitian ini 1). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, strategi pemasaran yang dilakukan oleh home industry kerupuk ikan tenggiri cap ikan terbang adalah dengan menentukan bauran pemasaran (marketing mix) 4P yang meliputi: produk (product), harga (price), tempat (place) dan promosi (promotion). Strategi produk dengan menjaga kualitas produk yang dijual, karena dengan menjaga kualitas produk maka akan mempengaruhi daya tarik konsumen untuk melakukan pembelian secara berulang-ulang. Dari segi harganya itu standart dan juga mengikuti harga bahan bakunya. Tempatnya juga cukup strategis. Pendistribusiannya juga dipertahankan meskipun yang dilakukan hanya offline saja. 2). Pendapatan usaha home industry kerupuk ikan tenggiri cap ikan terbang mengalami peningkatan selama 3 tahun terakhir ini dimana tahun 2021 sejumlah Rp 71.136.000, tahun 2022 sejumlah Rp 89.955.000, dan tahun 2023 sejumlah Rp 100.458.000. Hasil pendapatan tersebut dapat didikatakan bahwa strategi pemasaran yang dipakai bisa mempertahankan pendapatan di tahun berikutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: RIZKI RAHMANDARI
Date Deposited: 20 Nov 2024 07:55
Last Modified: 20 Nov 2024 07:55
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15847

Actions (login required)

View Item View Item