Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW (Think Talk Write) pada Kelas IX MTs Miftahul Huda Silir

Muzarroh, Siti (2024) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW (Think Talk Write) pada Kelas IX MTs Miftahul Huda Silir. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932303619_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932303619_bab1.pdf

Download (247kB)
[img] Text
932303619_bab2.pdf

Download (390kB)
[img] Text
932303619_bab3.pdf

Download (596kB)
[img] Text
932303619_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text
932303619_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
932303619_bab6.pdf

Download (131kB)
[img] Text
932303619_daftarpustaka.pdf

Download (177kB)
[img] Text
932303619_lampiran.pdf

Download (10MB)
[img] Text
932303619_LembarPernyataanPersetujuanPublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini termasuk dalam quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design. Populasi yang akan diteliti yaitu seluruh peserta didik kelas IX MTs Miftahul Huda Silir tahun ajaran 2023/2024. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua kelas IX MTs Miftahul Huda Silir, yaitu kelas IX-A sebagai kelompok kelas kontrol dan kelas IX-B sebagai kelompok kelas eksperimen. Simple random sampling digunakan sebagai metode pengambilan sampel dalam penelitian ini. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan 2 jenis instrumen yaitu instrumen tes dan instrumen non tes. Untuk instrumen pengambilan data dalam penelitian ini berupa soal pretest, soal posttest, dan lembar observasi keaktifan belajar peserta didik. Berdasarkan pengujian hipotesis pertama menggunakan uji N-gain diperoleh rata-rata uji N-gain kelas kontrol mendapatkan nilai sebesar 0,5062 yang berada pada kategori sedang sedangkan untuk kelas eksperimen mendapatkan nilai sebesar 0,702 yang berada pada kategori tinggi. Sehingga model pembelajaran TTW pada kelas eksperimen efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Hal ini diperkuat dengan rata-rata skor posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata skor posttest pada kelas kontrol. Rata-rata skor posttest pada kelas eksperimen adalah 23, sedangkan rata-rata skor posttest pada kelas kontrol adalah 21,69. Untuk pengujian hipotesis kedua menghitung persentase skor lembar observasi keaktifan belajar peserta didik. Penelitian ini memperoleh dilihat rata-rata persentase kelas kontrol sebesar 55,63 yang berada pada kategori sedang sedangkan untuk kelas eksperimen sebesar 67,31 yang berada pada kategori tinggi. Sedangkan untuk uji hipotesis terakhir menggunakan uji independent sample t-test yang mendapatkan nilai sig 0,006 (0,006<0,05). Sehingga terdapat perbedaan keaktifan belajar antara kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think Talk Write).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Siti Muzarroh
Date Deposited: 13 Nov 2024 04:10
Last Modified: 13 Nov 2024 04:10
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15734

Actions (login required)

View Item View Item