Najiyah, Tri Marissa Iffatun (2024) Pengembangan Media Magnetic Rubic's Cube Pada Mata Pelajaran IPA Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Kelas V di MI Miftahul Ulum Sooko. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932609820_prabab.pdf Download (743kB) |
|
Text
932609820_bab1.pdf Download (764kB) |
|
Text
932609820_bab2.pdf Download (714kB) |
|
Text
932609820_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (834kB) |
|
Text
932609820_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932609820_bab5.pdf Download (442kB) |
|
Text
932609820_daftar_pustaka.pdf Download (489kB) |
|
Text
932609820_surat_pernyataan_persetujuan_publikasi.pdf Download (117kB) |
Abstract
Media magnetic rubic’s cube adalah sebuah media yang di bentuk seperti permainan yang berbentuk kotak persegi empat kemudian pada sisi kotak tersebut berisi materi IPA khususnya tentang antar makhluk hidup dalam ekosistem dan terdapat gambar-gambar rantai makanan. Kurangnya penggunaan media pembelajaran menyebabkan peserta didik menjadi kurang aktif. Dengan ini peneliti mengembangkan media pembelajaran Magnetic Rubic’s Cube. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengembangkan Media Magnetic Rubic’s Cube Pada Mata Pelajaran IPA Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Kelas V di MI Miftahul Ulum Sooko, (2) Untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan Media Magnetic Rubic’s Cube Pada Mata Pelajaran IPA Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Kelas V di MI Miftahul Ulum Sooko, (3) Untuk mendeskripsikan respon peserta didik dalam meningkatkan minat belajar terhadap Media Magnetic Rubic’s Cube Pada Mata Pelajaran IPA Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Kelas V di MI Miftahul Ulum Sooko.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D ( Research and Development ). Tahap penyusunan produk penelitian memakai model penelitian dan pengembangan ADDIE yang didalamnya terdapat lima tahap yaitu (a) analisis (analyze), (b) desain (design), (c) pengembangan (developmen), (d) implementasi (implementation), (e) evaluasi (evaluation). Peneliti dengan mengambil kelas V-A dengan jumlah peserta didik 30 dan dilaksanakan di MI Miftahul Ulum Sooko.Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut; (1) pengembangan media Magnetic Rubic’s Cube sesuai dengan tahap model penelitian dan pengembangan jenis ADDIE yaitu lima tahap, (2) kelayakan media pembelajaran Magnetic Rubic’s Cub diperoleh dengan melakukan validasi dari ahli media 89,99% dan 89,47%. Sedangkan hasil validasi ahli materi memperoleh 95,31% dan 100% (3) keefektifan media Magnetic Rubic’s Cube dari angket respon peserta didik 93,75%, serta respon dari guru 91,6%. Kemudian hasil analisis keefektifan peserta didik diukur menggunakan rumus uji normalitas, uji wilcoxon dan uji N-gain, hasil analisis uji N-gain mendapatkan rata-rata 0,68 dengan kriteria sedang,maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Magnetic Rubic’s Cube sangat layak digunakan, serta dengan penggunaan media ini mendapatkan hasil yang cuku efektif untuk meningkatkan keefektifan peserta didik sesudah penggunaan media Magnetic Rubic’s Cube.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | TRI MARISSA IFFATUN NAJIYAH |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 03:16 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 03:16 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15723 |
Actions (login required)
View Item |