Pengembangan Media Buku Pendamping IPS Pada Materi Keberagaman Budaya Bangsaku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI PSM KEBONAGUNG

Amalia, Kartika Wahyu (2024) Pengembangan Media Buku Pendamping IPS Pada Materi Keberagaman Budaya Bangsaku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI PSM KEBONAGUNG. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932614819_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932614819_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932614819_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932614819_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932614819_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932614819_bab5.pdf

Download (917kB)
[img] Text
932614819_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932614819_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
932614819_LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI .pdf

Download (401kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Pengembangan media Buku Pendamping pada mata pelajaran IPS materi Keberagaman Budaya Bangsaku kelas IV MI PSM Kebonagung, (2) Kelayakan media Buku Pendamping Bahan Ajar pada mata pelajaran IPS materi Keberagaman Budaya Bangsaku kelas IV MI PSM Kebonagung, (3) Mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI PSM Kebonagung sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran Buku Pendamping Bahan Ajar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang melalui lima tahapan meliputi: Tahap analisis kebutuhan, kurikulum dan karakteristik peserta didik, tahap perancangan merancang penyusunan format produk, tahap pengembangan mengembangkan media Buku Pendamping Bahan Ajar sesuai dengan rancangan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengembangan media Buku Pendamping ini sesuai analisis kebutuhan, kurikulum dan karakteristik peserta didik yang memerlukan adanya media pembelajaran Buku Pendamping Bahan Ajar sebagai penunjang proses pembelajaran. (2) Kelayakan media pembelajaran Buku Pendamping Bahan Ajar pada ahli media 76,46% dengan kriteria “Layak”, ahli materi 96,36% dalam kategori “Sangat Layak”, dan guru ahli materi 100% dalam kategori “Sangat Layak”. (3) Efektivitas media pembelajaran Buku Pendamping pada kelompok kecil sebelum penggunaan media diperoleh hasil rata-rata 68 dan setelah penggunaan media memperoleh nilai rata-rata 90 dengan N-Gain 0,73 dalam kategori peningkatan tinggi. Pada kelompok besar sebelum menggunakan media diperoleh nilai rata-rata 69,6 dan sesudah menggunakan media nilai rata-rata 92,4 dengan N-Gain 0,77 dalam kategori peningkatan tinggi. Dengan demikian media Buku Pendamping IPS dapat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MI PSM Kebonagung dalam rangka mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: KARTIKA WAHYU AMALIA
Date Deposited: 05 Nov 2024 08:37
Last Modified: 07 Nov 2024 08:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15683

Actions (login required)

View Item View Item