Persepsi Netizen Terhadap Pesan Dakwah Persuasif Di Akun Instagram @Iqomic

ROFIDAH, NABILAH EL (2024) Persepsi Netizen Terhadap Pesan Dakwah Persuasif Di Akun Instagram @Iqomic. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20103018_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20103018_bab3.pdf

Download (147kB)
[img] Text
20103018_bab1.pdf

Download (348kB)
[img] Text
20103018_bab2.pdf

Download (284kB)
[img] Text
20103018_bab3.pdf

Download (147kB)
[img] Text
20103018_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text
20103018_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
20103018_bab6.pdf

Download (183kB)
[img] Text
20103018_daftarpustaka.pdf

Download (190kB)
[img] Text
20103018_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[img] Text
20103018_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (254kB)

Abstract

Nabilah El Rofidah. Dosen Pembimbing, Dr. Taufik Alamin, M.Si dan Lukman Hakim, S.I.Kom, M.Sos. Persepsi Netizen Terhadap Pesan Dakwah Persuasif Di Akun Instagram @Iqomic, Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddiun dan Dakwah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci: Persepsi, Netizen, Instagram Saat ini, dakwah banyak dilakukan tidak hanya dari mimbar namun juga melalui media sosial. Karena perkembangan zaman yang semakin pesat, masyarakat memilih untuk menonton dan mendengarkan khotbah melalui media sosial yang mudah diakses dan didengarkan kapan saja. Penggunaan media sosial yang dilakukan. Dakwah memberikan berbagai peluang bagi setiap orang untuk mengekspresikan aktivitas dakwah. Tentu ini menjadi kesempatan untuk menyebarkan ajaran agama dan mengasah kemampuan dakwah. Penelitihan ini dilakukan ntuk mengentahui persepsi netizen terhadap pesan dakwah persuasife di akun instagram @iqomic, serta dampak yang ditimbulkan bagi netizen. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam (in depth interview), dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah model Miles and Huberman yang terdiri atas 4 (empat) tahapan yaitu pengumpulan data, penyajian data, redukasi data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Komunikasi Intrapersonal, didalam teori Intrapersonal dibagi menjadi 4 proses. Proses komunikasi Intrapersonal meliputi Sensasi, Persepsi, Memori, dan Berfikir. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi netizen terhadap pesan dakwah persuasif di akun instagram @iqomic terdapat dua jenis persepsi yaitu persepsi positif sebagian banyak netizen menyukai pesan dakwah yang di buat oleh @iqomic soalnya anak zaman sekarang lebih suka yang simple dan mudah dicernah dan gayah dakwanya itu yang dikemas seperti komik itu bagi netizen unik, sedangkan persepsi negatife, sebagian ada yang tidak setuju kalua dakwah melalui instagram karena tidak semua orang dewasa bisa mengakses instagram, dan itu juga pesan dakwahnya dikemas seperti komik jadi sulit difahami bagi orang tua. Dampak yang diperoleh netizen dari adanya pesan dakwah melalui Instagram @iqomic adalah bisa menyelesaikan berbagai macam problem yang sedang dihadapi para netizen. Faktor dari pesan dakwah persuasif bagi netizen adalah pesan dakwah yang disampaikan di Instagram terus dikemas menjadi komik. Netizen mengatakan bahwasannya memperoleh manfaat dan dampak yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari- hari dalam menyelesakan problem yang dihadapi oleh netizen.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: NABILAH EL ROFIDAH
Date Deposited: 04 Nov 2024 06:32
Last Modified: 04 Nov 2024 06:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15674

Actions (login required)

View Item View Item