Strategi Komunikasi Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. Studi Pada Takmir Masjid Agung Kota Kediri Di Masa Pandemi

Pangestu, Putra Fajar Ridho (2024) Strategi Komunikasi Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. Studi Pada Takmir Masjid Agung Kota Kediri Di Masa Pandemi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933508617_prabab.pdf

Download (247kB)
[img] Text
933508617_bab1.pdf

Download (264kB)
[img] Text
933508617_bab2.pdf

Download (293kB)
[img] Text
933508617_bab3.pdf

Download (212kB)
[img] Text
933508617_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text
933508617_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
933508617_bab6.pdf

Download (118kB)
[img] Text
933508617_daftarpustaka.pdf

Download (832kB)

Abstract

Adanya perkembangan dalam pengelolaan zakat produktif oleh Takmir Masjid Agung Kota Kediri di masa pandemi covid-19 menjadi fokus penelitian ini, dengan tujuan untuk menjelaskan dan menganalisis terkait strategi komunikasi yang diterapkan oleh Takmir Masjid Agung Kota Kediri serta faktor-faktor pendukung dan penghambat terkait pemberdayaan ekonomi masyarakat di masa pandemi. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi lapangan, serta dianalisis menggunakan model teori komunikasi persuasif Elaboration Likelihood yang dikemukakan oleh Richard E. Petty dan John T. Cacioppo dan analisa SWOT. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah Takmir Masjid Agung Kota Kediri menerapkan tiga strategi komunikasi, yaitu: 1). Strategi komunikasi dengan lembaga Unit Pelayanan Zakat Masjid Agung Kota Kediri; 2). Strategi komunikasi terkait sosialisasi program zakat, infaq dan shodaqoh dimasa pandemi; serta 3). Strategi komunikasi lain. Adapun hasil dari analisis SWOT terkait faktor pengambat yakni: 1). Minimnya anggaran untuk pengelolaan zakat, infaq dan shodaqoh; 2). Minimnya rasa bersyukur dan kesadaran pada diri penerima bantuan modal. Faktor pendukung meliputi: 1). Sumber daya pengurus yang memadai; 2). Peran aktif dari pemberi dan penerima zakat, infaq dan shodaqoh. Selain itu, kondisi pandemi covid-19 yang menjadi faktor lain sehingga mempengaruhi tingkat penerimaan zakat, infaq dan shodaqoh di masjid Agung Kota Kediri dan pendapatan usaha anggota penerima bantuan modal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1604 Human Geography > 160401 Economic Geography
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1607 Social Work (Kesejahteraan Sosial) > 160703 Social Program Evaluation
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: PUTRA FAJAR RIDHO PANGESTU
Date Deposited: 04 Nov 2024 03:44
Last Modified: 04 Nov 2024 03:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15669

Actions (login required)

View Item View Item