Ratnawati, Desi (2024) Pengembangan Media Flashcard Aksara Jawa Berbasis Quick Response Code Untuk Meningkatkan Minat Belajar Kelas III SDN Jambangan Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20206097_Prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
20206097_bab 1.pdf Download (492kB) |
|
Text
20206097_bab 2.pdf Download (685kB) |
|
Text
20206097_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
|
Text
20206097_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
20206097_bab 5.pdf Download (121kB) |
|
Text
20206097_daftar pustaka.pdf Download (227kB) |
|
Text
20206097_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
20206097_PersetujuanPublikasi.pdf Download (140kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya media pembelajaran dan pemanfaatan penggunaan fasilitas pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Jawa. Tujuan dalam peneliotian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui pengembangan media Flashcard aksara Jawa berbasis Quick Response Code (QR Code) untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas III di SDN Jambangan Kabupaten Kediri. 2) Untuk mengetahui kelayakan media Flashcard aksara Jawa berbasis Quick Response Code (QR Code) untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas III di SDN Jambangan Kabupaten Kediri. 3) Untuk mengetahui keefektifan media Flashcard aksara Jawa berbasis Quick Response Code (QR Code) untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas III di SDN Jambangan Kabupaten Kediri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (RnD) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation ). Penelitian ini melakukan uji coba kelompok kecil berjumlah 6 siswa dan uji coba kelompok besar di SDN Jambangan Kabupaten Kediri berjumlah 15 siswa kelas III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran Bahasa Jawa. 2) Hasil penilaian kelayakan berdasarkan dosen ahli media menyebutkan jumlah skor hasil penilaian yang diperoleh adalah 80 dan persentase kelayakan 100% dengan kriteria “Sangat Layak”. Penilaian guru ahli media 80 dan persentase kelayakan 100% dengan kriteria “Sangat Layak”. Penilaian dosen ahli materi menyebutkan bahwa skor penilaian yang diperoleh adalah 94 dan persentase 94% dengan kategori “Sangat Layak”. Penilaian guru ahli materi menyebutkan hasil dengan skor 100 dan persentase 100% dengan kategori :” Sangat Layak”. Penilaian dosen validasi instrumen menyebutkan jumlah skor hasil penilaian yang diperoleh adalah 49 dan persentase 98% dengan kriteria “sangat Layak”.3) Hasil respon peserta didik sebelum uji coba kelompok kecil sebanyak 6 peserta didik mendapatkan jumlah skor 340 dengan persentase 94,44% dalam kategori “Cukup Minat” dalam pembelajaran Bahasa Jawa. Setelah dilakukan uji coba produk mendapatkan jumlah skor 340 dengan persentase 94,44% dalam kategori “Sangat Minat”. Berdasarkan respon peserta didik sebelum uji coba produk sebanyak 15 peserta didik diperoleh jumlah skor adalah 438 dengan persentase 48,66% dalam kategori :Cukup Minat” dan setelah dilakukan uji coba produk memperoleh skor 880 dengan persentase 97,77% dalam kategori “Sangat Minat”.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | DESI RATNAWATI |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 02:42 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 02:42 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15628 |
Actions (login required)
View Item |