ISTIQOMAH, ADINDA ROSA (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMAN 4 Kediri). Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.
Text
932113419_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932113419_bab1.pdf Download (354kB) |
|
Text
932113419_bab2.pdf Download (500kB) |
|
Text
932113419_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
|
Text
932113419_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) |
|
Text
932113419_bab5.pdf Download (219kB) |
|
Text
932113419_daftarpustaka.pdf Download (445kB) |
|
Text
932113419_lampiran.pdf Download (1MB) |
|
Text
932113419_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
Abstract
Adinda Rosa Istiqomah. Dosen Pembimbing Dr. ISKANDAR TSANI, M.Ag dan ACHMAD FAHRONI, M.Pd,I : Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik (Studi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMAN 4 Kediri). Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata kunci : Discovery Learning, Kemandirian Belajar Pendidikan merupakan suatu langkah awal dalam proses mengubah seseorang dari sikap tidak tahu ke titik sadar mengkritisi segala sesuatu yang ditemukan dalam diri maupun lingkungan sekitar. Berbagai macam jenis pembelajaran yang berlaku di Indonesia untuk mencapaian tujuan pendidikan salah satunya yaitu Discovery Learning. Pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI khususnya kelas XI- 3 di SMAN 4 Kediri masih menggunakan metode pembelajaran yang berpusat kepada guru sehingga membuat peserta didik cepat bosan ketika mendengarkan materi yang disampaikan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk 1) Menerapkan metode discovery learning pada peserta didik kelas XI SMAN 4 Kota Kediri 2) Mengetahui peningkatan kemandirian belajar pada peserta didik kelas XI SMAN 4 Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yairu peserta didik kelas XI SMAN 4 Kota Kediri tahun Pelajaran 2023/2024 dengan jumlah peserta didik 36 yang terdiri dari 12 laki-laki dan 24 perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan 1) Penerapan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas XI SMAN 4 Kota Kediri meliputi : a) Peserta didik dapat mengajukan pertanyaan sesuai dengan materi sebagai persiapan pemecahan masalah, b) peserta didik dapat membentuk kelompok dalam mengidentifikasi masalah serta membentuk hipotesis sementara, c) peserta didik dapat mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk membuktikan kebenaran hipotesis, d) peserta didik dapat mengelola informasi, e) peserta didik dapat membuktikan kebenaran hipotesis yang ditetapkan, f) peserta didik dapat memberikan kesimpulan dari hipotesis yang telah dikumpulkan. 2) Terdapat peningkatan kemandirian belajar pada peserta didik melalui penerapan model pembelajaran discovery learning pada kelas XI SMAN 4 Kediri ditunjukkan dengan hasil awal pra siklus sebesar 40%. Penelitian dilanjutkan dengan siklus I yaitu 60,55% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 77,27%.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130301 Aboriginal and Torres Strait Islander Education 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ADINDA ROSA ISTIQOMAH |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 06:22 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 06:39 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15574 |
Actions (login required)
View Item |