GRAFHEINI, AIVY KINTANA (2024) Implementasi Metode Jigsaw Dalam Kemampuan Membaca Cerpen “Ketika Mas Gagah Pergi” Di SMAN 1 Grogol. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932700820_prabab.pdf Download (334kB) |
|
Text
932700820_bab1.pdf Download (509kB) |
|
Text
932700820_bab2.pdf Download (664kB) |
|
Text
932700820_bab3.pdf Download (445kB) |
|
Text
932700820_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) |
|
Text
932700820_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
|
Text
932700820_bab6.pdf Download (405kB) |
|
Text
932700820_daftarpustaka.pdf Download (435kB) |
|
Text
Form Pernyataan Persetujuan Publikasi aivy.pdf Download (105kB) |
|
Text
932700820_prabab.pdf Download (626kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi metode jigsaw dalam kemampuan membaca dan memirsa cerpen Ketika Mas Gagah Pergi di SMAN 1 Grogol. Adapun Tujuan dalam penelitian ini meliputi: 1) bagaimana penggunaan metode jigsaw dalam meningkatkan kemampuan membaca dan memirsa cerpen “Ketika Mas Gagah Pergi” di SMAN 1 GROGOL, 2) bagaimana kelebihan dan kekurangan kemampuan membaca dan memirsa dengan menggunakan metode jigsaw bagi siswa SMA? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif untuk mengumpulkan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan metode Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan dan kemauan membaca masing-masing siswa, membaca cerpen terutamanya, hasil tersebut terjadi karena ada tuntutan, dimana individu harus siap masuk dalam tim, individu yang sangat heterogen itu masuk dalam tim asal dan tim ahli, jadi mereka harus bisa mampu untuk berpendapat. Dalam penggunaannya, metode ini diterapkan melalui serangkaian kegiatan yang mendorong siswa untuk saling membantu sama lain dalam membaca dan memirsa cerita pendek. Kekurangan dan kelebihan metode Jigsaw dilakukan selain semangat belajar bersama, juga dapat saling bertukar pikiran, bisa saling melengkapi satu sama lain jika ada pertanyaan atau jawaban yang kurang dipahami. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan metode jigsaw dalam meningkatkan kemampuan membaca dan memirsa cerpen “Ketika Mas Gagah Pergi” di SMAN 1 GROGOL, yaitu: setiap sebelum memulai pembelajaran guru mengajak siswa untuk mengingat kembali apa itu metode jigsaw dan cerpen, guru memberikan contoh cara mengerjakan tugas dengan metode jigsaw, guru membagi kelompok yang terdiri dari 4-5 orang, guru memberikan tugas tentang cerpen dengan menggunakan metode Jigsaw, guru mengulas kembali materi dan tugas hari ini. (2) kelebihan dan kekurangan kemampuan membaca dan memirsa dengan menggunakan metode jigsaw bagi siswa SMA: kelebihan, selain semangat belajar bersama, juga dapat saling bertukar pikiran, bisa saling melengkapi satu sama lain jika ada pertanyaan atau jawaban yang kurang dipahami. Selain itu kekurangannya adalah kurang berbaur satu sama lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | AIVY KINTANA GRAFHEINI |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 08:32 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 05:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15524 |
Actions (login required)
View Item |