Pengembangan Media Kotak Kincir Raksasa (Kocirsa) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ipas Materi Gaya Kelas IV Di MI Ar-Rahman Parengan Mojokerto

Anggraini, Rizka Septien Nur (2024) Pengembangan Media Kotak Kincir Raksasa (Kocirsa) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ipas Materi Gaya Kelas IV Di MI Ar-Rahman Parengan Mojokerto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20206055_prabab.pdf

Download (693kB)
[img] Text
20206055_bab1.pdf

Download (448kB)
[img] Text
20206055_bab2.pdf

Download (628kB)
[img] Text
20206055_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text
20206055_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20206055_bab5.pdf

Download (132kB)
[img] Text
20206055_daftarpustaka.pdf

Download (247kB)
[img] Text
20206055_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20206055_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (226kB)

Abstract

Rizka Septien Nur Anggraini, Dosen Pembimbing Dr. Septiana Purwaningrum, M.Pd.I dan Atika Anggraini, M.Pd. Pengembangan Media Kotak Kincir Raksasa (Kocirsa) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Di MI AR Rahman Parengan Mojokerto, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN KEDIRI, 2024. Kata Kunci: Pengembangan, Media Kocirsa, Pembelajaran Ipas, Hasil Belajar Penelitian dan pengembangan ini di latar belakangi oleh kurangnya media pembelajaran pendukung dalam penyampaian materi kepada peserta didik terutama media pembelajaran yang berbasis visual dan jarangnya menggunakan sistem pembelajaran yang menarik, Sehingga dengan bentuk pembelajaran yang hanya terlalu monoton dan kurangnya kreativitas dalam pembelajaran dapat menyebabkan hasil belajar dari peserta didik kurang maksimal dan memuaskan. Peneliti tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran kocirsa sehingga tujuan penelitian dan pengembangan media ini adalah untuk: (1) mengetahui pengembangan media kocirsa dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik; (2) mengetahui kelayakan media kocirsa dalam meningkatkan hasil belajar dan (3) mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media kocirsa pada mata pelajaran IPAS materi gaya kelas IV MI AR-Rahman Parengan Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di MI AR Rahman Parengan Mojokerto dengan subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket validasi dan respon peserta didik, soal pretest dan posttest serta dokumentasi. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini: (1) Pengembangan media pembelajaran kocirsa untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation; (2) Hasil kelayakan media pembelajaran divalidasi oleh para ahli, ahli media dengan dua validator mendapatkan skor persentase 80% dan 90% dengan kategori “layak” dan “sangat layak”. Pada ahli materi di validasi oleh dua validator mendapatkan hasil persentase 96% dan 87% dengan kategori “sangat layak” dan (3) Hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media kocirsa dilakukan dengan melihat hasil pretest dan posttest. Pada uji pretest atau uji awal diperoleh hasil ratarata pretest sebesar 63,13% dan meningkat pada uji posttest dengan hasil rata-rata sebesar 85,2%. Serta uji T dengan hasil -19,686 dengan kesimpulan Hα diterima atau adanya perbedaan yang signifikansi. Selain itu dilihat dari uji N-Gain yang memperoleh hasil 0,5427 yang artinya peningkatan pada penggunaan media pembelajaran kocirsa dinyatakan pada kategori “sedang” sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar peserta didik kelas IV pembelajaran IPAS materi gaya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: RIZKA SEPTIEN NUR ANGGRAINI
Date Deposited: 16 Oct 2024 07:30
Last Modified: 16 Oct 2024 07:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15475

Actions (login required)

View Item View Item