Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA kelas 5 di SDN Watugede 1 Kab. Kediri

Mufida, Fifit Nur (2024) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA kelas 5 di SDN Watugede 1 Kab. Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20206095_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20206095_bab1.pdf

Download (408kB)
[img] Text
20206095_bab2.pdf

Download (791kB)
[img] Text
20206095_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img] Text
20206095_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20206095_bab5.pdf

Download (333kB)
[img] Text
20206095_daftarpustaka.pdf

Download (349kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)

Abstract

Media pembelajaran adalah alat yang digunakan guru untuk menyampaikan materi demi mencapai tujuan pembelajaran. Di SDN Watugede 1, guru hanya menggunakan media gambar yang ada di dinding kelas, yang membuat kurang interaktif dan sulit dipahami oleh siswa, sehingga hasil belajar kurang optimal. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan media pembelajaran yang lebih bervariasi, khususnya untuk mata pelajaran IPA di kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Prosedur pengembangan media "Articulate Storyline" untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SDN Watugede 1, (2) Kelayakan media "Articulate Storyline", (3) Keefektifan media "Articulate Storyline", dan (4) Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media "Articulate Storyline".Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yakni analisis, desain, pengembangan. implementasi, dan evaluasi. Instrumen penelitian meliputi wawancara, observasi, angket penilaian dari ahli media dan ahli materi, serta pretest dan posttest. Penelitian ini melibatkan 5 peserta didik untuk uji coba kelompok kecil dan 22 peserta didik untuk uji coba kelompok besar. Media pembelajaran Articulate Storyline ini diimplementasikan di SDN Watugede 1, khususnya untuk kelas V.Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengembangan media Articulate Storyline sesuai dengan analisis kebutuhan, kurikulum dan peserta didik memerlukan media pembelajaran Articulate Storyline sebagai penunjang proses pembelajaran. (2) Kelayakan media ini dinilai oleh ahli materi dengan persentase 90% masuk kriteria “Sangat Layak”, dan ahli media 96% yang juga masuk kriteria “Sangat Layak”, sehingga peneliti melanjutkan ke tahap uji coba. (3) Efektivitas media pembelajaran Articulate Storyline terlihat dari hasil pengujian yang dilakukan. Didapatkan hasil uji-t yakni t-hitung sebesar -14,445 dengan t-tabel memiliki nilai sebesar -2,07961, sehingga pengambilan keputusan t-hitung lebih kecil dari t-tabel. Maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Demikian dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media Articulate Storyline. (4) Penggunaan Articulate Storyline menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Pada kelompok kecil, N-Gain sebesar 0,69 termasuk kategori peningkatan sedang, sedangkan pada kelompok besar, N-Gain sebesar 0,71 termasuk kategori peningkatan tinggi. Ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif Articulate Storyline mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN Watugede 1 Kabupaten Kediri

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: FIFIT NUR MUFIDA
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:12
Last Modified: 16 Oct 2024 04:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15470

Actions (login required)

View Item View Item