Implementasi Asesmen Dalam Pembelajaran Fikih Kelas 7 Di MTS Darun Najah Semen KAB. KEDIRI

Prasetyo, Eka Wijaya (2024) Implementasi Asesmen Dalam Pembelajaran Fikih Kelas 7 Di MTS Darun Najah Semen KAB. KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932111920_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932111920_bab1.pdf

Download (180kB)
[img] Text
932111920_bab2.pdf

Download (275kB)
[img] Text
932111920_bab3.pdf

Download (165kB)
[img] Text
932111920_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
932111920_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text
932111920_bab6.pdf

Download (74kB)
[img] Text
932111920_daftar_pustaka.pdf

Download (148kB)
[img] Text
932111920_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (64kB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Asesmen, Pembelajaran Fikih Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis asesmen formatif dan sumatif pada mata pelajaran fikih kelas 7 di MTS Darun Najah Semen Kab Kediri. Sementara penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab rumusan masalah mengenai (1) Implementasi asesmen dalam pembelajaran fikih di kelas 7 Darun Najah Kab. Kediri (2) menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat implememtasi asesmen dalam pembelajaran fikih di kelas 7 MTS Darun Najah Semen Kab. Kediri Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh dari kepala madrasah waka kurikulum, guru fikuh, peserta didik, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduk si data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, waktu, dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi asesmen dalam pembelajaran fikih di kelas 7 Darun Najah Kab. Kediri diterapkan oleh guru fikih melalui tahap perencanaan, guru fikih membekali diri dengan pengetahuan asesmen formatif, dan Asesmen sumatif serta menyiapkan bahan ajar. Tahap pelaksanaan, guru fikih menekankan keterpaduan pembelajaran dengan asesmen, terutama asesmen formatif, sebagai siklus belajar dan diskusi dalam pembelajarannya. Tahap evaluasi, melakukan bentuk asesmen yang digunakan guru ffikih kelas tujuh dalam mengukur hasil belajar peserta didik melalaui diskusi, presemtasi, dan refleksi tertulis. (2) Untuk faktor pendukungnya yaitu akemahiran guru, sarana ibadah yang digunakan untuk praktik mata pelajaran fikih, kolaborasi antar guru, kepala sekolah, dan semua yang ada di di madrasah, adanya asesmen mendukung evaluasi kemampuan siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan waktu, sulit konsentrasi, kurang tidur

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: EKA WIJAYA PRASETYO
Date Deposited: 15 Oct 2024 04:42
Last Modified: 15 Oct 2024 04:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15461

Actions (login required)

View Item View Item