Wardani, Anggraini Kusuma (2023) Pengaruh Metode Make A Match Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Materi Kubaca Al-Qur’an Dengan Benar Berdasarkan Kaidah Tajwid Siswa Kelas VIII Di MTs Negeri 6 Puncu Kediri T.A 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932106719_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932106719_bab1.pdf Download (220kB) |
|
Text
932106719_bab2.pdf Download (110kB) |
|
Text
932106719_bab3.pdf Download (196kB) |
|
Text
932106719_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
|
Text
932106719_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
|
Text
932106719_bab6.pdf Download (73kB) |
|
Text
932106719_daftarpustaka.pdf Download (139kB) |
|
Text
932106719_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
932106719_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (227kB) |
Abstract
ANGGRAINI KUSUMA WARDANI, 2023. Pengaruh Metode Make a Match Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Materi Kubaca Al- Qur’an Dengan Benar Berdasarkan Kaidah Tajwid Siswa Kelas VIII Di MTs Negeri 6 Kediri T.A 2022/2023, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kediri, Pembimbing (1) Dr. Iskandar Tsani, S.Ag, M.Ag. dan Pembimbing (2) Dr. Husnul Khotimah, M.Pd.I. Kata Kunci : Make a Match, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengelaman peneliti, bahwa pembelajaran di MTs masih didominasi oleh metode ceramah dalam pembelajarannya. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa oleh karena itu, perlu adanya suasana pembelajaran yang baru agar siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat digunakan salah satu contohnya yaitu metode Make a Match. Berangkat dari itu peneliti menelaah lebih jauh 1) Bagaimana implementasi metode Make a Match pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Negeri 6 Kediri, 2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas VIII di Mts Negeri 6 Kediri pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pasca implementasi metode Make a Match, 3) Adakah pengaruh metode Make a Match terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII di Mts Negeri 6 Kediri T.A 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan teknik penelitian eksperimental dengan design true eksperimental yaitu Pretest_Posttest Only Control group Design. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa. Metode pengambilan data hasil belajara Al-Qur’an Hadits menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik statistik uji-t. Berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa 1) Bentuk implementasi metode Make a Match pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Kediri menunjukkan bahwa siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, dengan diterapkanya metode Make a Match menjadikan pembelajaran yang kondusif serta mampu membuat siswa lebih tertarik mengikuti pembelajaran. 2) Ada peningkatan hasil belajar Al-Qur’an Hadits. Hal ini dibuktikan dari hasil uji Independent T-Test yang telah dilakukan, diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 82,52 lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh adalah sebesar 79,20. 3) Ada pengaruh implementasi metode pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar dibuktikan dengan nilai sig. 2 tailed diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 dan diperoleh t-hitung 10,931 > t-tabel 2,002. H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh antara metode pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII Mts Negeri 6 Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021401 Bina' al-Manhaj (Curriculum Design) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ANGGRAINI KUSUMA WARDANI |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 02:30 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 02:30 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15402 |
Actions (login required)
View Item |