PENERAPAN METODE MURAJAAH UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN AL QUR’AN DI KELAS TAHFIDZ SD PLUS AN-NUR BABADAN GURAH KEDIRI

SA'DIYAH, KURNIA IRMANDA TASA'ATUS (2025) PENERAPAN METODE MURAJAAH UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN AL QUR’AN DI KELAS TAHFIDZ SD PLUS AN-NUR BABADAN GURAH KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
21201160_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21201160_bab1.pdf

Download (652kB)
[img] Text
21201160_bab2.pdf

Download (767kB)
[img] Text
21201160_bab3.pdf

Download (572kB)
[img] Text
21201160_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img] Text
21201160_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text
21201160_bab6.pdf

Download (559kB)
[img] Text
21201160_daftarpustaka.pdf

Download (480kB)
[img] Text
21201160_lampiran.pdf

Download (816kB)
[img] Text
21201160_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)

Abstract

Kurnia Irmanda Tasa’Atus Sa’diyah, Dosen Pembimbing Prof. Dr. H. Nur Ahid, M.Ag dan Surahmat, S.Th, M.Hum., Penerapan Metode Murajaah untuk meningkatkan hafalan al-Qur’an di kelas tahfidz SD Plus An-Nur Babadan Kecamatan Gurah. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN KEDIRI. 2025. Kata Kunci: Metode Murajaah, Hafalan Al-Qur’an Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan salah satu program Kelas Tahfidz di sekolah dasar swasta, yaitu SD Plus An-Nur Babadan, yang menggunakan metode murajaah dalam menjaga hafalan Al-Qur’an Metode murajaah memiliki keunikan karena menekankan pengulangan hafalan secara rutin dan terstruktur, serta melibatkan kegiatan sosial seperti menyetorkan hafalan kepada guru dan teman. Selain itu, murajaah juga mengintegrasikan hafalan ke dalam amalan sehari- hari, seperti sholat, sehingga memperkuat daya ingat santri secara spiritual dan praktik. Fokus penelitian ini meliputi tiga aspek utama, yaitu: (1) Perencanaan metode murajaah untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Kelas Tahfidz SD Plus An-Nur; (2) Penerapan metode murajaah dalam proses peningkatan hafalan; dan (3) Evaluasi metode murajaah yang dilakukan pada kelas Tahfidz tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Lokasi penelitian berada di SD Plus An-Nur Babadan, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan para informan, sedangkan data sekunder berasal dari dokumen sekolah seperti laporan hasil belajar, buku harian murajaah, dan dokumen pendukung lainnya. Teknik analisis data mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan metode murajaah meliputi penentuan tujuan, alokasi waktu, metode pelaksanaan, dan sistem evaluasi; (2) Penerapan metode murajaah dilakukan melalui penyetoran hafalan kepada guru, murajaah berpasangan dengan teman, serta murajaah hafalan dalam sholat; (3) Evaluasi metode murajaah dilaksanakan dengan guru mengisi buku harian siswa yang telah menyetorkan hafalan dan mengadakan ujian kenaikan juz menggunakan evaluasi sumatif berupa tes lisan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: KURNIA IRMANDA TASA`ATUS SA`DIYAH
Date Deposited: 10 Jul 2025 02:43
Last Modified: 10 Jul 2025 02:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15399

Actions (login required)

View Item View Item