Tamala, Alfiana Fatima (2024) Analisis Struktur Pada Teks Biografi Karya Siswa Kelas X KL 3 SMK PGRI 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20207021_prabab.pdf Download (854kB) |
|
Text
20207021_bab1.pdf Download (426kB) |
|
Text
20207021_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
|
Text
20207021_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
|
Text
20207021_bab4.pdf Download (212kB) |
|
Text
20207021_daftar_pustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Publikasi Alfiana Fatima.pdf Download (106kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur teks biografi berdasarkan pembelajaran Bahasa Indonesia dan struktur kalimat pada teks biografi karya siswa kelas X KL 3 SMK PGRI 2 Kediri. Berdasarkan teori yang digunakan struktur teks biografi diklasifikasikan menjadi tiga yaitu orientasi, peristiwa dan reorientasi, serta struktur kalimat diklasifikasikan menjadi dua yaitu kalimat tunggal, kalimat majemuk serta kalimat tepat dan tidak tepat. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif digunakan untuk mengidentifikasikan stuktur dan kalimat pada teks biografi karya siswa. Jenis penelitian ini menggunakan kepustakaan (library research). Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data ada tiga, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini yang pertama, meliputi struktur teks dan struktur kalaumat pada teks biografi. Struktur teks biografi yang lebih dominan adalah orientasi, peristiwa dan masalah. Kedua dalam menulis teks biografi karya siswa kelas X KL 3 SMK PGRI Kediri menggunakan lima pola dasar kalimat. Kelima pola dasar struktur kalimat teks biografi bedasarkan klausa tersebut, dalam pola kalimat majemuk adalah SP, SPO, SPPel, SPK, dan SPOK. Serta pada dalam pola kalimat Tunggal yakni SP+P, SPK, SPPel, SPK, dan SPO pada teks biografi karya siswa kelas X KL 3 SMK PGRI Kediri. Ketiga penelitian ini terdapat 45 struktur kalimat pada tekss biografi karya siswa yang terdiri dari kalimat tepat sebanyak 35 kalimat dan tidak tepat sejumlah 10 kalimat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketidaktepatan kalimat yang paling sering terjadi, yaitu struktur kalimat yang berpola ketrangan (K) dan kalimat yang berpola Predikat+Keterangan (P+K). Selain itu, terdapat faktor penyebab ketidaktepatan struktur kalimat, yaitu kurangnya penguuasaan penggunaan pola struktur kalimat dan siswa kurang berani bertanya pada guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | ALFIANA FATIMA TAMALA |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 03:15 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 03:15 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15380 |
Actions (login required)
View Item |