Navi'ah, Mustachul (2019) Strategi Guru Pai dalam Menginternalisasi -Kan Nilai-nilai Agama Islam di SMPLB-C Putera Asih Balowerti kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932136514_PRA BAB.pdf Download (550kB) |
|
Text
932136514_BAB I.pdf Download (414kB) |
|
Text
932136514_BAB II.pdf Download (943kB) |
|
Text
932136514_BAB III.pdf Download (399kB) |
|
Text
932136514_BAB IV.pdf Download (996kB) |
|
Text
932136514_BAB V.pdf Download (533kB) |
|
Text
932136514_BAB VI.pdf Download (295kB) |
|
Text
932136514_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
|
Text
932136514_LAMPIRAN.pdf Download (212kB) |
Abstract
Pendidikan agama Islam merupakan pendidikan nilai sebab lebih banyak mengutamakan aspek nilai, baik nilai ketuhan dan kemanusiaan yang mencakup akidah dan akhlak yang dapat ditanamkan dan dikembangkan pada diri peserta didik sehingga melekat dan menjadi kepribadiannya, namun sayangnya masih banyak orang yang menanggap pendidikan islam sebagai hal yang kurang penting karena tidak relevan dan tidak sesuai dengan zaman. Padahal kita bisa masalah-masalah yang menimpa di negeri ini mulai dari menyangkut kekekerasan, seks bebas, dan bahkan terjadinya KKN yang merajalela bukan karena kurangnya orang pintar melainkan karena landasan pendidikan agama sebagai pembentuk moral manusia hanya sekedar pengetahuan bukan kepebribadian. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SMPLB-C Putera Asih Balowerti kota Kediri, 2) Apa saja nilai-nilai agama Islam yang ditanamkan pada anak berkebutuhan khusus di SMPLB-C Putera AsihBalowerti kota Kediri, 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menginternalisasikan nilai-nilai agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SMPLB-C Putera Asih Balowerti kota Kediri. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif, dan lokasi penelitian di SMPLB-C Putera Asih Balowerti kota Kediri. Adapun data yang didapatkan berasal dari hasil observasi dan hasil wawancara kepada kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam dan wali murid. Sedangkan teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelelitian ini adalah deskriptif yaitu dengan cara membuat gambaran yang sistematis dan faktual, dan analisisnya dilakukan dengan tiga cara, diantaranya adalah reduksi data atau penyederhanaan(data reduction), penyajian data atau paparan data (data display), dan terakhir adalah penarikan kesimpulan(conclusion verifiying). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa 1) proses internalisasi nilai-nilai agama Islam di SMPLB-C PuteraAsih Balowerti kota Kediri adalah melalui beberapa proses. Pertama, melalui pengenalan. Kedua, penanaman. Ketiga, integrasi. 2) nilai yang di tanamkan di SMPLB-C Putera Asih Balowerti kota Kediri adalah nilai illahiyah dan insaniyah 3) faktor pendukung, lingkungan keluarga. Dan faktor penghambat sarana prasarana, guru, dan teman sebaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 04:55 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 04:55 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1533 |
Actions (login required)
View Item |