ARTININGSIH, YORI DWI (2024) Upaya Guru PAI Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur’an Melalui Kegiatan Tadarus Di SMPN 1 Atap Lengkong. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932127119_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932127119_bab1.pdf Download (590kB) |
|
Text
932127119_bab2.pdf Download (864kB) |
|
Text
932127119_bab3.pdf Download (354kB) |
|
Text
932127119_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932127119_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) |
|
Text
932127119_bab6.pdf Download (311kB) |
|
Text
932127119_daftarpustaka.pdf Download (419kB) |
|
Text
932127119_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
932127119_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (269kB) |
Abstract
Yori Dwi Artiningsih. Dosen Pembimbing Drs. Moh. Irfan Burhani, M.Psi dan Sheila Fakhria, M.H., Upaya Guru PAI Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur’an Melalui Kegiatan Tadarus Di SMPN 1 Atap Lengkong, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Guru PAI, Kemampuan Membaca, Al-Qur’an, Tadarus Membaca Al-Qur’an yang benar merupakan hal yang sangat ditekankan oleh Rasulullah dan dianggap sebagai bagian dari ibadah. Dalam membaca Al-Qur’an tentunya mempelajari makhrijul huruf dan ilmu tajwid. Di SMPN 1 Atap Lengkong terdapat kegiatan membaca Al-Qur’an yaitu tadarus. Tadarus yang dimaksud yaitu membaca Al-Qur’an secara bersama-sama. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan gambaran dan kemampuan siswa membaca Al-Qur’an, pelaksanaan kegiatan tadarus, serta menganalisis peningkatan kemampuan siswa membaca Al-Qur’an setelah mengikuti kegiatan tadarus di SMPN 1 Atap Lengkong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian kualitatif, kehadiran peneliti mutlak diperlukan karena peneliti bertindak sebagai pengamat proses pembelajaran, pewawancara, pengumpul data dan penganalisis data. Peneliti mengambil lokasi penelitian di SMPN 1 Atap Lengkong. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data dilakukan melalui triangulasi dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, kemampuan membaca Al-Qur’an siswa sebelum mengikuti kegiatan tadarus cukup rendah, hal ini dilihat dari kemampuan membaca Al-Qur’an siswa pada kesesuaian pelafalan huruf sesuai makhajnya, kelancaran dan tartil dalam membaca al-qur’an, serta ketepatan membaca al-qur’an sesuai tajwid masih belum diterapkan sepenuhnya. Kedua, terdapat proses perencanaan meliputi, penetapan tujuan, strategi pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan tadarus yaitu metode sorogan yang dilakukan oleh 4-5 siswa per minngu secara bergantian dan diberi waktu 1-2 menit pada umumnya dapat menyelesaikan 1-2 lembar al-qur’an secara bolak-balik, metode evaluasi yang digunakan yaitu lisan, dan materi pembahasan yang di pelajari dalam program ini yaitu tentang ilmu baca tulis Al-Qur’an. Proses pelaksanaan meliputi, kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Jadwal pelaksanaan kegiatan tadarus ini yaitu hari Sabtu jam 07.00 sampai 07.20 WIB. Hasil evaluasi meliputi, tingkat antusias siswa dalam mengikuti kegiatan tadarus dinilai cukup aktif dikarenakan dilakukan pada rentan waktu 1 minggu 2 kali, hal ini dilihat dari data observasi dan dokumentasi. Metode pembelajaran yang digunakan pihak sekolah sudah efektif, karena menggunakan metode ummi dalam membaca al-qur’an meskipun belum sepenuhnya. Ketiga, kemampuan membaca Al-Qur’an siswa setelah mengikuti kegiatan tadarus di SMPN 1 Atap Lengkong semakin meningkat. Hal ini terlihat dari kemampuan siswa dalam mengenali makhrijul huruf yang meliputi kemampuan siswa dalam melafadzkan huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya dan mengenali huruf hijaiyah yang disambung. Sedangkan tentang ilmu tajwid seperti mengenali hukum bacaan tajwid dan kemampuan siswa dalam mengenali kaidah-kaidah ilmu tajwid sudah baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | YORI DWI ARTININGSIH |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 06:20 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 06:20 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15322 |
Actions (login required)
View Item |