Nurmalia, Umi (2018) Efikasi Diri Guru PAUD Sunan Ampel Kota Kediri, Propinsi Jawa Timur. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
halaman judul.pdf Download (550kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (136kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (104kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (196kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (132kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (159kB) |
Abstract
Efikasi diri guru PAUD Sunan Ampel dalam mengajar anak usia dini, masih ada guru yang dalam mengajar marah dengan anak karena anak tidak mau mengikuti aturan yang telah di tentukan dalam kelas. Tetapi guru PAUD Sunan Ampel merasa mampu mengajar anak usia dini dan menyiapkan materi yang sesuai dengan tema yang sedang diajarkan, serta menyelesaikan tugas administrasi kelas yang telah dibebankan kepada guru PAUD. Dengan tujuan untuk mengetahui deskripsi, gambaran, dan faktor-faktor yang mempengaruhi efikasi diri guru PAUD Sunan Ampel Rejomulyo Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas social, sikap, kepercayaan, persepsi dan pemikiran manusia secara individu maupun kelompok. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang sistematis yang dilakukan melalui tiga cara yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan untuk pengecekan, kebsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan. Dan subyek penelitian dilakukan kepada guru PAUD Sunan Ampel yang mengajar di kelas sebagai informasi utama dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAUD Sunan Ampel memiliki efikasi diri dalam mengajar anak usia dini, karena guru PAUD Sunan Ampel dapat menyiapkan perencanaan mengajar dengan baik dan menjadikan suasana kelas menjadi menyenangkan. Yang mana efikasi diri menurut Bandura dapat diperoleh, diubah, serta dapat ditingkatkan atau diturunkan, yaitu dengan pengalaman langsung, tingkat arousal, modeling, dan persuasi social. Serta diperkuat dengan faktor-faktor yang mempengaruhi efikasi diri guru PAUD yaitu pencapaian secara aktif, pengalaman tidak langsung, dan persuasi verbal. Sehingga guru PAUD Sunan Ampel dapat meningkatkan efikasi diri yang dimiliki.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 08:34 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 08:34 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15272 |
Actions (login required)
View Item |