Pembelajaran An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur'an Di TPQ Al-Hikmah Sumberduren Tarokan Kediri

Fihayati, Rida Nova (2022) Pembelajaran An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur'an Di TPQ Al-Hikmah Sumberduren Tarokan Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932132316_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932132316_bab1.pdf

Download (441kB)
[img] Text
932132316_bab2.pdf

Download (377kB)
[img] Text
932132316_bab3.pdf

Download (352kB)
[img] Text
932132316_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
932132316_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text
932132316_bab6.pdf

Download (959kB)
[img] Text
932132316_daftar_pustaka.pdf

Download (388kB)
[img] Text
Form Pernyataan Persetujuan Publikasi RIDA.pdf

Download (73kB)

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan. Al-Qur’an adalah kitab suci yang duturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW, yang isinya mencakup segala pokok-pokok syari’at Islam yang terdapat dalam kitab suci yang diturunkan sebelumnya. Secara umum metode An-Nahdliyah ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan metode belajar Al-Qur’an yang lain. Pada penelitian ini melakukan kegiatan dengan terjun secara langsung di lapangan sesuai dengan fokus penelitian dan menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang akan diteliti menggunakan studi kasus. Metode pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. teknik analisis data penelitian ini akan menggunakan teknik pegumpulan data yang menitik beratkan pada wawancara dan observasi. Dapat ditemukan kesimpulan bahwa dalam pembelalajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode An-Nahdliyah terdapat tiga kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Faktor pendukung dalam pembelajaran An-Nahdliyah yaitu peserta didik, pengajar, disiplin sekolah, alokasi waktu dan media pembelajaran. Faktor penghambat yaitu kurangnya dorongan orang tua, kurangnya tenaga pendidik, sarana dan prasarana, dan sumber dana. Hasil belajar santri dapat mengucapkan lafad Al-Qur’an dengan baik dan benar dengan bimbangan para ustad dan ustadzah, terlaksananya kenaikan kelas pada santri yang berhasil meyelesaikan pelajaran dan ujian pada semester itu.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130301 Aboriginal and Torres Strait Islander Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: RIDA NOVA FIHAYATI
Date Deposited: 02 Oct 2024 06:50
Last Modified: 02 Oct 2024 06:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15248

Actions (login required)

View Item View Item