Rahma, Farisya Nur (2024) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Akhlak Terpuji Peserta Didik di MAN 3 Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
202021172_Prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
20201172_Bab 1.pdf Download (381kB) |
|
Text
20201172_Bab 2.pdf Download (298kB) |
|
Text
20201172_Bab 3.pdf Download (172kB) |
|
Text
20201172_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) |
|
Text
20201172_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
|
Text
20201172_Bab 6.pdf Download (69kB) |
|
Text
202021172_Daftar Pustaka.pdf Download (115kB) |
|
Text
202021172_Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (655kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi .pdf Download (277kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh sebuah fakta bahwa peran guru Akidah Akhlak sangat berpengaruh dalam membentuk akhlak peserta didik. Oleh karena itu, Akhlak perlu di didik dan di bimbing agar dalam diri peserta didik dapat tertanamkan Akhlak secara utuh sehingga mampu menjadi anak yang memiliki Akhlak yang baik. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Guru Akidah Akhlak sebagai Pendidik dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik di MAN 3 Blitar. (2) Bagaimana Guru Akidah Akhlak sebagai Suri Tauladan dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik di MAN 3 Blitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan memahami peran guru Akidah Akhlak dalam membentuk Akhlak peserta didik. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif yang didapat dari hasil wawancara kepada Kepala Sekolah, Guru Akidah Akhlak, Staf Madrasah, dan perwakilan peserta didik di MAN 3 Blitar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, peneliti menemukan bahwa yang pertama, adalah peran guru Akidah Akhlak sebagai pendidik dalam membentuk Akhlak terpuji peserta didik di MAN 3 Blitar yaitu tidak hanya sekedar memberikan pemahaman atau menyampaikan materi pembelajaran saja, namun juga berupaya untuk membentuk Akhlak terpuji peserta didik dengan baik, yaitu dengan memberikan contoh atau teladan yang baik bagi peserta didik. Kedua, peran guru Akidah Akhlak sebagai suri tauladan dalam membentuk Akhlak terpuji peserta didik di MAN 3 Blitar menyatakan bahwa peran guru Akidah akhlak sangat penting untuk memberikan contoh yang baik. Karena mereka adalah orang tua di sekolah bagi siswa mereka, guru harus menunjukkan sikap, perilaku, dan perbuatan baik kepada siswa mereka sehingga mereka dapat menirunya juga.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | FARISYA NUR RAHMA |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 02:58 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 02:58 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15239 |
Actions (login required)
View Item |