Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Mapel IPAS Kelas IV MI Al Munir

NOVITASARI, NOVITASARI (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Mapel IPAS Kelas IV MI Al Munir. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20206061_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20206061_bab1.pdf

Download (301kB)
[img] Text
20206061_bab2.pdf

Download (374kB)
[img] Text
20206061_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
20206061_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
20206061_bab5.pdf

Download (275kB)
[img] Text
20206061_daftarpustaka.pdf

Download (149kB)
[img] Text
20206061_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
20206061_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (155kB)

Abstract

Novitasari, 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Mapel IPAS Kelas IV MI Al Munir, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dewi Agus Triani, M.Pd.I., dan (2) Tutik Dinur Rofiah, S.Pd.I. M. Pd. Kata Kunci: Pengembangan Media, Diorama, Kemampuan Berpikir Kritis Media pembelajaran adalah alat atau sarana yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran dengan tujuan untuk memfasilitasi pemahaman dan pembelajaran yang lebih efektif. Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi yang diajarkan, salah satu media pembelajaran tersebut adalah Diorama. Diorama adalah media visual tiga dimensi yang memungkinkan peserta didik untuk memvisualisasikan dan memahami konsep-konsep IPAS secara lebih mendalam, realistis, dan interaktif. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menguji kelayakan dan efektivitas Diorama dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap materi perkembangan Kerajaan, Hindu, Buddha, dan Islam di Indonesia pada kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelirian dan pengembangan (RnD), dengan model penelitian ADDIE, yaitu (1) Analisis, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi dan nilai hasil Pretest dan Posttest. Hasil uji kelayakan terdapat media pembelajaran yang dikembangkan berupa media Diorama yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Dari kedua ahli tersebut pada validator media mendapatkan hasil persentase 90,34%, sedangkan pada validator materi mendapatkan hasil persentase 91,42% yang selanjutnya di klasifikasikan menurut kategori kelayakan media pembelajaran Diorama. Berdasarkan pada tabel kategori kelayakan media pembelajaran menurut Sugiyono dari kedua validator masuk pada rentang persentase 81 % - 100% sehingga masuk pada kategori “sangat layak” Hasil uji keefektifan penggunaan media pembelajaran Diorama ini diperoleh melalui Uji t pada kelompok kecil dapat diketahui thitung -5.752 < ttabel yaitu -2,776. Sedangkan hasil analisis pada kelompok besar dapat diketahui thitung -7.869 < ttabel yaitu -2,101. Dari kedua kelompok tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Selanjutnya efektivitas media pembelajaran Diorama dengan menggunakan rumus NGain memperoleh hasil 0,55 pada kelompok kecil dan 0,51 pada kelompok besar yang dikualifikasikan pada kriteria keefektifan media pembelajaran masuk pada kategori “sedang” dengan rentang skor 0,3 ≤ g ≤ 0,7 masuk kedalam kategori “Efektif” sehingga media Diorama ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Novitasari Novitasari
Date Deposited: 01 Oct 2024 03:39
Last Modified: 01 Oct 2024 03:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15228

Actions (login required)

View Item View Item