Destiana, Lusi Riska (2024) Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa Dengan Konsep Diri Sebagai Variabel Mediator. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932307520_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932307520_bab1.pdf Download (349kB) |
|
Text
932307520_bab2.pdf Download (346kB) |
|
Text
932307520_bab3.pdf Download (443kB) |
|
Text
932307520_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) |
|
Text
932307520_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
|
Text
932307520_bab6.pdf Download (181kB) |
|
Text
932307520_daftarpustaka.pdf Download (207kB) |
|
Text
932307520_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
932307520_LembarPenyataanPersetujuanPublikasi.pdf Download (116kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan abstraksi matematis dengan konsep diri sebagai variabel mediator. Adapun jenis penelitian adalah survey research dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Negeri Kandat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri Kandat. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling, dengan jumlah sempel 100 siswa dari kelas XII SMA Negeri Kandat. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa pemberian soal kemampuan abstraksi matematis dan non tes berupa skala kecemasan matematika. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji prasyarat dan uji hipotesis. Prosedur pengumpulan data dimulai dari pemberian skala kecemasan matematika dan konsep diri kepada sampel penelitian. Tahap selanjutnya adalah pelaksanaan tes kemampuan abstraksi matematis kepada sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kecemasan matematika siswa kelas XII SMA Negeri Kandat berpengaruh terhadap kemampuan abstraksi matematis siswa sebesar 30.6%, (2) terdapat pengaruh kecemasan matematika terhadap konsep diri siswa sebesar 25.5%, (3) tidak ada pengaruh konsep diri terhadap kemampuan abstraksi matematis siswa 37%, (4) konsep diri dapat menjadi variabel mediator antara kecemasan matematika dan kemampuan abstraksi matematis siswa. Ini diperoleh berdasarkan hasil kuesioner dan tes kemampuan abstraksi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0102 Applied Mathematics (Matematika Terapan) > 010201 Approximation Theory and Asymptotic Methods (Teori Pendekatan dan Metode Asimtotik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | LUSI RISKA DESTIANA |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 02:22 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 02:22 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15223 |
Actions (login required)
View Item |