Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Dengan Internal Locus Of Control Sebagai Mediator

Taningrum, Novita Suci Yuen (2024) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Dengan Internal Locus Of Control Sebagai Mediator. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20204034_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20204034_bab1.pdf

Download (367kB)
[img] Text
20204034_bab2.pdf

Download (622kB)
[img] Text
20204034_bab3.pdf

Download (527kB)
[img] Text
20204034_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB)
[img] Text
20204034_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
20204034_bab6.pdf

Download (347kB)
[img] Text
20204034_daftarpustaka.pdf

Download (443kB)

Abstract

Hasil belajar matematika dianggap optimal ketika seseorang mencapai tingkat pencapaian yang sesuai dengan potensi dan kemampuannya. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa berasal dari duas aspek utama yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal meliputi pengaruh dari keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat, sedangkan faktor internal meliputi dimensi psikologis, fisik, serta tingkat kelelahan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika dengan internal locus of control sebagai mediator. Adapun jenis penelitian adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMAN 2 Kota Kediri. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 2 Kota Kediri. Teknik sampel yang digunakan yaitu simple random sampling, dengan jumlah sampel 100 siswa dari kelas XI SMAN 2 Kota Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner status sosial ekonomi keluarga, kuesioner distress psikologis, kuesioner internal locus of control, dan nilai rapot siswa semester tiga. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) status sosial ekonomi keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar matematika, (2) distress psikologis berpengaruh terhadap hasil belajar matematika, (3) internal locus of control berpengaruh terhadap hasil belajar matematika, (4) internal locus of control tidak dapat memediasi antara status sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar matematika, (5) internal locus of control dapat memediasi antara distress psikologis terhadap hasil belajar matematika, dan (6) model pada penelitian termasuk dalam model yang dapat diterima

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170199 Psychology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: NOVITA SUCI YUEN TANINGRUM
Date Deposited: 26 Nov 2024 02:04
Last Modified: 26 Nov 2024 02:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15221

Actions (login required)

View Item View Item