Qhoybi, Muhammad Dhikrul (2024) Guru Berkarakter Dan Implementasinya Di Era Digital Di SMP Plus Isyhar Prambon Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932132718_prabab.pdf Download (425kB) |
|
Text
932132718_BAB1.pdf Download (443kB) |
|
Text
932132718_BAB2.pdf Download (322kB) |
|
Text
932132718_BAB3.pdf Download (216kB) |
|
Text
932132718_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
|
Text
932132718_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
|
Text
932132718_BAB6.pdf Download (89kB) |
|
Text
932132718_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (305kB) |
|
Text
932132718_Lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (64kB) |
Abstract
Pendidikan di Indonesia dalam menghadapi era digital mengalami perkembangan teknologi yang begitu pesat, kondisi ini bukan hanya memberikan kontribusi positif bagi sebuah bangsa tetapi sekaligus memberi dampak yang negatif, akibatnya banyak yang harus dilakukan guru untuk beradaptasi pada perubahan era ini. Guru yang berkarakter menjadi salah satu solusi untuk menghadapi tantangan tersebut. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan pentingnya guru harus berkarakter di era digital. (2) Untuk mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan guru berkarakter di era digital. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Yaitu dengan memperoleh sumber data dari Kepala Sekolah, beberapa guru dan beberapa peserta didik di SMP Isyhar Prambon Nganjuk. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil peneltian yang dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan : (1) Guru harus berkarakter di era digital dikarenakan perubahan era yang terjadi mengharuskan adanya adaptasi mengikuti alur zaman agar pendidikan tetap berjalan dengan baik. Peserta didik membutuhkan sosok yang patut dijadikan contoh atau tauladan. Jika guru saja tidak berkarakter yang baik lantas bagaimana dengan para peserta didiknya. Oleh karena itu banyak hal – hal yang harus dilakukan guru diantaranya yaitu guru memberikan nasehat kepada siswa dalam berakhlak mulia, guru harus menjadi contoh dalam berinovasi, guru juga diharapkan mampu menjadi contoh bagaimana menggunakan teknologi dalam pembelajaran, dan yang tidak kalah pentingnya adalah guru mampu memberi contoh dalam perilaku yang mulia. (2) Faktor pendukung dan penghambat pengembangan guru berkarakter di era digital muncul dari dalam diri guru sendiri dan lingkungan sekitar. Kesadaran yang harus ada pada jiwa guru akan pentingnya karakter serta kerja sama antar guru dalam hal apapun akan menjadikan mudah dalam membentuk karakter yang baik bagi para guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MUHAMMAD DHIKRUL GHOYBI |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 03:01 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 03:01 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15170 |
Actions (login required)
View Item |