Strategi Marketing Mix Dalam Membangun Citra Sekolah Di SD Islam Sabilil Huda

Arzaqin, Khafid (2024) Strategi Marketing Mix Dalam Membangun Citra Sekolah Di SD Islam Sabilil Huda. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20205113_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20205113_bab1.pdf

Download (620kB)
[img] Text
20205113_bab2.pdf

Download (598kB)
[img] Text
20205113_bab3.pdf

Download (380kB)
[img] Text
20205113_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
20205113_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text
20205113_bab6.pdf

Download (341kB)
[img] Text
20205113_daftarpustaka.pdf

Download (455kB)
[img] Text
20205113_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
20205113_pernyataanpublikasi.pdf

Download (115kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Marketing Mix Dalam Membangun Citra Sekolah Di SD Islam Sabilil Huda, penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui strategi pengembangan produk (product) pendidikan di SD Islam Sabilil Huda dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat 2) mengetahui strategi penetapan harga (price) yang kompetitif di SD Islam Sabilil Huda dalam mempengaruhi persepsi masyarakat 3) untuk mengetahui strategi optimalisasi lokasi (place) sekolah dan fasilitas di SD Islam Sabilil Huda dalam membangun citra 4) untuk mengetahui strategi promosi (promotion) di SD Islam Sabilil Huda dalam memperluas jangkauan dan membangun citra. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu sumberdata yang diperoleh dari Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Sarana dan Prasarana, Waka Humas dan Wali Murid, kemudian dilanjutkan pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa, 1) strategi pengembangan produk (product) di SD Islam Sabilil Huda dalam membangun kepercayaan masyarakat dengan memberikan berbagai program unggulan seprti Tahlil setiap hari jum’at, Pembiasaan Sholat Dhuha dan Dhuhur berjamaah, Amaliyah Ubudiyah, Pembelajaran Kitab Kuning, Hafalan Hadist Doa dan Surat, Outdoor Learning, dan pembelajaran pesantren. Kegiatan ekstrakulikuler seperti Club Olimpiade, Club Tari, Club PAI ASWAJA, Club Inggris. SD Islam Sabilil Huda menyediakan kegiatan ekstrakulikuler diantaranya, Baca Tulis Al Qur’an dan Pegon, Kaligrafi, Ishari, Rebana Habsyi, Calistung, Kewirusahaan, Olahraga dan Silat Pagar Nusa. 2) strategi penetapan harga (price) kompetitif di SD Islam Sabilil Huda menetapkan biaya pendidikan sesuai dengan kualitas pelayanan yang diberikan kepada siswa, biaya pendaftaran sebesar Rp.50.000,- biaya SPP sebesar Rp.120.000,- yang dibebankan kepada wali murid. 3) strategi optimalisasi lokasi (place) sekolah dan fasilitas di SD Islam Sabilil Huda, lokasi SD Islam Sabilil Huda sudah strategis yang berada ditengah perkampungan dan dilingkungan pesantren membuat nyaman dan aman bagi siswa didiknya. Untuk akses mudah dijangkau karena sudah ada petunjuk arah dipinggir jalan raya, serta fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. 4) strategi promosi (promotion) di SD Islam Sabilil Huda menggunakan media cetak berupa brosur dan spanduk, media sosial berupa Facebook, Instagram, WhatsApp, dan YouTube.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: KHAFID ARZAQIN
Date Deposited: 02 Oct 2024 06:42
Last Modified: 02 Oct 2024 06:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15166

Actions (login required)

View Item View Item