Atika, Dwi Wardani (2024) Pengaruh Technologi Acceptance Model (TAM) Terhadap Minat Masyarakat Dalam Menggunakam Financial Technology (Studi Kasus Desa Tunggunjagir Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
934221319_prabab.pdf Download (862kB) |
|
Text
934221319_BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
934221319_BAB 2.pdf Download (268kB) |
|
Text
934221319_BAB 3.pdf Download (187kB) |
|
Text
934221319_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
|
Text
934221319_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
|
Text
934221319_BAB 6.pdf Download (49kB) |
|
Text
934221319_ Daftar Pustaka.pdf Download (194kB) |
|
Text
934221319_Lembar Persetujuan.pdf Download (170kB) |
Abstract
Saat ini, ekonomi digital menjadi isu global seiring dengan banyaknya negara di dunia yang mengadopsi teknologi diberbagai sektor perekonomian, termasuk Indonesia. Bisnis fintech berkembang pesat di Indonesia karena hadirnya fintech memberikan banyak kemudahan bagi kebutuhan manusia, Salah satu teori yang dapat menjelaskan penerimaan individu terhadap penggunaan teknologi adalah Technology Acceptance Model (TAM) Berdasarkan teori TAM, minat untuk menggunakan mempengaruhi persepsi kemamfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan. TAM menjelaskan bahwa ada dua variabel yang mempengaruhi seseorang menggunakan teknologi atau tidak., yaitu perceived usefulness dan perceived ease of use. Selain dua faktor utama tersebut TAM juga mempertimbangkan faktor lain seperti Behavioral Intention to use. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kegunaan mayarakat desa Tunggunjagir terhadap fintech, niat perilaku dan minat masyarakat desa Tunggunjagir terhadap fintech, pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kegunaan terhadap niat Masyarakat desa Tunggunjagir dalam menggunakan fintech, dan pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kegunaan terhadap minat Masyarakat desa Tunggunjagir dalam menggunakan fintech. Dan yang terakhir pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kegunaan terhadap minat menggunakan fintech dengan niat perilaku sebagai variabel moderasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kegunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku mayarakat desa Tunggunjagir dalam menggunakan fintech. Selanjutnya persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan dan niat perilaku berpengaruh positif terhadap minat menggunakan masyarakat desa Tunggunjagir terhadap fintech. Dan yang terakhir persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kegunaan berpengaruh secara tidak signifikan terhadap minat menggunakan dengan niat perilaku sebagai variabel moderasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150201 Finance 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150204 Insurance Studies 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150206 Financial Technology (incl. Fintech Syariah) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Atika Dwi Wardani |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 03:50 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 03:50 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15126 |
Actions (login required)
View Item |