Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Merdeka Di Sma Negeri 2 Pare

Rizkina, Reza (2024) Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Merdeka Di Sma Negeri 2 Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
20201079_bab1.pdf

Download (197kB)
[img] Text
20201079_bab2.pdf

Download (180kB)
[img] Text
20201079_bab3.pdf

Download (133kB)
[img] Text
20201079_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text
20201079_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text
20201079_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text
20201079_bab6.pdf

Download (46kB)
[img] Text
20201079_daftar pustaka.pdf

Download (165kB)
[img] Text
20201079_prabab.pdf

Download (835kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (119kB)

Abstract

Metode Pembelajaran merupakan urutan langkah-langkah, prosedur, dan pendekatan yang digunakan oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sangat penting bagi guru untuk menggunakan metode pembelajaran yang sesuai agar mudah untuk menyampaikan materi kepada siswa. Dalam menerapkan metode pembelajaran terdapat kendala yang dihadapi oleh guru dan juga peserta didik seperti halnya mengantuk, bermain hp sendiri, mengobrol dengan teman, telat dalam pengumpulan tugas. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini ingin mengungkap apa saja metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 2 Pare, kendala yang dihadapi serta solusi yang diberikan. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari wawancara kepada guru dan siswa di SMA Negeri 2 Pare dan dokumen yang terkait dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan teknik rreduksi data, penajian data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan cara perpanjangan masa pengamatan dan observasi, serta triangulasi data. Hasil dari penelitian ini 1) metode pembelajarn yang digunakan oleh guru PAI di SMA Negeri 2 dalam kurikulum merdeka yaitu metode ceramah, diskusi, hafalan, audio visual,pemberian tugas. 2) kendala yang dihadapi oleh guru sendiri yaitu penguasaan materi, penggunaan alat dalam pembelajaran, pengelolaan kelas, pengaturan waktu dan juga pemilihan metode yang sesuai. 3)solusi yang diberikan yaitu dilakukan supervisi bagi guru, mengadakan seminar, memberikan fasilitas seperti perpustakaan, serta guru mengintropeksi diri sendiri apa yang harus diperbaiki dalam metodoe pembelajaran ya diterapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy (Pendidikan Jasmani dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: REZA RIZKINA
Date Deposited: 25 Sep 2024 03:46
Last Modified: 25 Sep 2024 03:46
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15030

Actions (login required)

View Item View Item