KHASANAH, HANI RO’IFATUL (2024) HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN SOSIAL DAN KECEMASAN SOSIAL PADA SISWA SMK AL- MUWAZANAH. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.
Text
20104058_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
20104058_bab1.pdf Download (259kB) |
|
Text
20104058_bab2.pdf Download (183kB) |
|
Text
20104058_bab3.pdf Download (158kB) |
|
Text
20104058_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
|
Text
20104058_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
|
Text
20104058_bab6.pdf Download (133kB) |
|
Text
20104058_daftarpustaka.pdf Download (206kB) |
|
Text
20104058_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
20104058_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (288kB) |
Abstract
Hani Ro’ifatul Khasanah,2024.Dosen Pembimbing Nisa Fitriani M,Si. dan Shofi Mirwani M, Psi.Psikolog. Hubungan antara Keterampilan Sosial dan Kecemasan Sosial pada Siswa SMK Al -Muwazanah. Skripsi, Program Studi Psikologi Islam, Institut Agama Islam Negeri Kediri. Kata Kunci: Keterampilan Sosial,Kecemasan Sosial,Siswa Keterampilan sosial yang baik dapat membantu mengurangi kecemasan sosial karena dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan menghadapi situasi sosial. Individu yang memiliki keterampilan sosial yang baik akan lebih mampu berkomunikasi dengan orang lain, mengungkapkan perasaan dan pikirannya, serta menyelesaikan konflik secara konstruktif. Hal ini akan membuat mereka merasa lebih nyaman dan percaya diri dalam situasi sosial. Keterampilan sosial sangat penting bagi siswa remaja karena membantu mereka mengidentifikasi dan mengelola konflik dan perasaan internal mereka sendiri di kemudian hari. Kemampuan ini dapat membantu mereka mengendalikan stres dan emosi mereka. Remaja yang memiliki keterampilan sosial yang baik akan mudah diterima dan bersosialisasi di masyarakat. Pada fase ini tidak semua siswa mempunyai keterampilan sosial yang baik sehingga siswa cenderung mengalami kecemasan sosial ketika di hadapkan di situasi yang belum pernah dialami Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data diperoleh dari hasil kuesioner yang disebarkan pada 70 siswa di SMK Al-Muwazanah. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Keterampilan Sosial (X) dalam kategori tinggi, dan variabel kecemasan sosial (Y) masuk dalam kategori sedang. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan antara variabel X terhadap variabel Y pada siswa SMK Al-Muwazanah. Pembahasan dari penelitian ini adalah dimungkinkan keberadaan subjek yang sudah mengenal lingkungan sosialnya sehingga subjek merasa nyaman dan mempunyai kecemasan sosial yang rendah dan lingkungan sekolah yang mendorong interaksi, seperti budaya gotong royong dan nilai kekeluargaan yang didapatkan disekolah dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa menjadi tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | HANI RO`IFATUL KHASANAH |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 07:09 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 07:09 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14974 |
Actions (login required)
View Item |