Pengaruh Kemudahan Terhadap Kepuasan Pada Penggunaan Mobile Banking (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah IAIN Kediri Angkatan 2019)

ZAHROH, SITI FATTIMATUL (2024) Pengaruh Kemudahan Terhadap Kepuasan Pada Penggunaan Mobile Banking (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah IAIN Kediri Angkatan 2019). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934205419 _prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
934205419 _bab1.pdf

Download (248kB)
[img] Text
934205419 _bab2.pdf

Download (227kB)
[img] Text
934205419 _bab3.pdf

Download (257kB)
[img] Text
934205419 _bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
934205419 _bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
934205419 _bab6.pdf

Download (78kB)
[img] Text
934205419 _daftarpustaka.pdf

Download (147kB)
[img] Text
934205419 _lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
934205419 _lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (233kB)

Abstract

SITI FATTIMATUL ZAHROH, Dosen Pembimbing I Dr. Hj. Naning Fatmawatie, SE, MM, dan Dosen Pembimbing II Ulfi Dina Hamida, M.Pd, Pengaruh Kemudahan Terhadap Kepuasan Pada Penggunaan Mobile Banking (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah IAIN Kediri Angkatan 2019) Kata Kunci: Kemudahan, Kepuasan Pengguna Pada zaman sekarang ini, masyarakat tidak bisa terlepas dan terus terhubung dengan internet. Kemudahan yang ditawarkan oleh internet kini telah menjadi alternatif yang efektif untuk menggali informasi serta untuk komunikasi, bahkan transfer uang dapat dilakukan melalui Internet. Konsumen memilih untuk memanfaatkan mobile banking untuk membantu kebutuhan transaksi mereka, seperti kemudahan membayar tagihan apapun, dengan mudah melakukan transfer antar bank adalah salah satu fitur yang disediakan mobile banking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemudahan, kepuasan pengguna dan pengaruh kemudahan terhadap kepuasan pada penggunaan mobile banking pada mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah IAIN KEDIRI Angkatan 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dengan jumlah sampel 99 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, skala likert, dan teknik pengumpulan data. Analisis data dengan aplikasi SPSS 25 dengan teknik uji instrumen, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear sederhana, uji t, uji f, serta uji R2. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa variabel kemudahan ada pada kategori tinggi hal ini diperoleh dari skor 76,00 < X ≤ 114,00 dengan mean 81,667. Pada variabel kepuasan pengguna ada pada kategori tinggi hal ini diperoleh dari skor 24,00 < X ≤ 36,00 dengan mean 25,5657. Berdasarkan uji t pada tabel 3.19 menunjukkan bahwa Nilai signifikan mobile banking < nilai probalitas kritis alpha 5 % sebesar 0,001<0,05 sehingga variabel bebas kemudahan (x) berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan (y). Nilai t hitung variabel mobile banking sebesar 24,804 > dari t tabel sebesar 1.98472. Dapat dikatakan dari hasil penelitian tersebut bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh kemudahan terhadap kepuasan pada penggunaan mobile banking (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah IAIN Kediri Angkatan 2019). Pada uji koefisien determinasi (R2) pada tabel 3.16 menghasilkan nilai (R2) sebesar 0,864. Hal ini menunjukkan bahwa kemudahan berpengaruh sebesar 86,4% terhadap kepuasan pada penggunaan mobile banking. Sedangkan sisanya 13,6% (100% - 86,4%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ada dalam model regresi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: SITI FATTIMATUL ZAHROH
Date Deposited: 20 Sep 2024 06:26
Last Modified: 20 Sep 2024 06:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14952

Actions (login required)

View Item View Item