Muna, Rif'atul (2024) Upaya Guru Al-Qur’an Hadis Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al Qur’an Siswa Kelas VIII Di Mtsn 9 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20201188_Prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
20201188_bab1.pdf Download (640kB) |
|
Text
20201188_bab2.pdf Download (602kB) |
|
Text
20201188_bab3.pdf Download (398kB) |
|
Text
20201188_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (777kB) |
|
Text
20201188_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
|
Text
20201188_bab6.pdf Download (272kB) |
|
Text
20201188_daftarpustaka.pdf Download (377kB) |
|
Text
20201188_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Lembar pernyataan persetujuan publikasi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pengetahuan membaca Al-Qur’an merupakan salah satu ilmu dasar Pendidikan Agama Islam yang harus ditanamkan kepada setiap siswa, fenomena yang terjadi di lokasi yakni masih terdapat beberapa siswa yang mengalami kesalahan dalam membaca Al-Qur’an, masih terbata-bata dalam membaca ayat Al-Qur’an, belum mampu mempraktikkan bacaan mad dengan benar, dan bingung membedakan huruf hijaiyah pada bacaan.penelitian ini berfokus pada: 1) untuk mengetahui permasalahan membaca Al-Qur’an yang di alami oleh siswa kelas VIII di MTsN 9 Nganjuk; 2) untuk mengetahui upaya guru Al-Qur’an Hadis dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VIII di MTsN 9; dan 3) untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran guru Al-Qur’an Hadis dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif dengan memperoleh sumber data dari guru Al-Qur’an hadis dan siswa kelas VIII di MTsN 9 Nganjuk. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan: 1) Kesulitan yang dialami oleh siswa yaitu, keterbatasan pengetahuan dasar tajwid, pengucapan huruf-huruf arab kurang tepat, kesulitan membedakan panjang dan pendek bacaan, terbatasnya minat dan motivasi dari diri siswa, serta terdapat siswa yang menghadapi hambatan psikologis seperti rasa malu karena kurangnya kepercayaan diri; 2) Upaya yang dilakukan guru dengan memanfaatkan waktu pada pembelajaran sebaik-baiknya, mengadakan pembiasaan membaca Al-Qur’an di kelas, guru tidak pernah bosan memberikan motivasi dan dorongan kepada siswa, dan melakukan kegiatan tes membaca Al-Qur’an pada saat pembelajaran; serta 3) Efektivitas pembelajaran pada penelitian ini adalah, guru melakukan pengelolaan kelas dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, proses pembelajaran dilakukan dengan sesuai kondisi dan keadaan pada kelas dan juga siswa, serta meningkatnya kemampuan membaca beberapa siswa secara signifikan, walaupun dengan terbatasnya akses belajar bagi siswa kelas VIII yang mengalami kesulitan membaca Al Qur’an di luar pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | RIF`ATUL MUNA |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 06:37 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 06:37 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14927 |
Actions (login required)
View Item |