Larasati, Fransiska Novia (2024) Pengaruh Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Couple Session di Self Photo Studio (Studi Pada "Potrait Room" Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20401047_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
20401047_bab1.pdf Download (266kB) |
|
Text
20401047_bab2.pdf Download (274kB) |
|
Text
20401047_bab3.pdf Download (362kB) |
|
Text
20401047_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
|
Text
20401047_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
|
Text
20401047_bab6.pdf Download (93kB) |
|
Text
20401047_daftarpustaka.pdf Download (164kB) |
|
Text
20401047_suratpernyataan.pdf Download (111kB) |
Abstract
LARASATI, FRANSISKA NOVIA. Dosen Pembimbing Dr. Sri Anugrah Natalina, S.E., M.M. dan Suprihantosa Sugiarto, S.EI., M.H. Pengaruh Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Couple Session di Self Photo Studio (Studi Pada “Potrait Room” Kediri). Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri. 2024. Kata Kunci: Kelompok Referensi, Keputusan Pembelian, Potrait Room Kediri Self photo studio adalah bisnis fotografi yang bergerak di bidang jasa. Setiap produk dari self photo studio harus memperhatikan apa yang menjadi faktor dalam pengambilan keputusan pembelian agar dapat bertahan dalam persaingan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen yaitu faktor kelompok referensi. Kelompok referensi yaitu sekelompok orang ataupun seorang individu yang memberi pengaruh dengan nyata terhadap perilaku seseorang. Kelompok referensi memiliki kegunaan sebagai referensi untuk seseorang dalam melakukan keputusan pembelian. Konsumen akan mencari informasi mengenai produk dan menyeleksi yang paling baik, kemudian melakukan keputusan pembelian sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelompok referensi dan keputusan pembelian konsumen couple session di self photo studio Potrait Room Kediri serta pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan pembelian konsumen couple session di self photo studio Potrait Room Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, instrumen penelitian berupa kuesioner yang diberikan kepada responden. Populasi dalam penelitian ini yakni konsumen couple session di Potrait Room Kediri. Teknik sampling yang digunakan yakni probability sampling dengan jenis simple random sampling. Pengambilan sampel menggunakan metode Isaac dan Michael sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 297 responden. Pengolahan data menggunakan uji instrumen, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi yang terbentuk yakni Y = 20,810 + 0,556X. Berdasarkan hasil uji t diketahui nilai t hitung 14,734 > t tabel 1,968 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti kelompok referensi (X) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Adapun hasil uji koefisien determinasi menunjukkan nilai R yakni 0,651 yang berarti kelompok referensi memiliki hubungan yang kuat terhadap keputusan pembelian. Kemudian nilai R Square sebesar 0,424 yang berarti besarnya pengaruh variabel kelompok referensi terhadap keputusan pembelian sebesar 42,4%. Sementara 57,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini, seperti budaya, subbudaya, kelas sosial, keluarga, peran dan status, usia dan tahap siklus hidup, pekerjaan dan keadaan ekonomi, kepribadian dan konsep diri, gaya hidup dan nilai, motivasi, persepsi, pembelajaran, serta memori.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Fransiska Novia Larasati |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 06:41 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 06:41 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14921 |
Actions (login required)
View Item |