Pengembangan media pembelajaran interaktif Egama Rimosis berbantuan Power Point untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Ngronggo 5 Kota Kediri

Kusnia, Alfiatul (2024) Pengembangan media pembelajaran interaktif Egama Rimosis berbantuan Power Point untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Ngronggo 5 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20206102_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20206102_bab1.pdf

Download (306kB)
[img] Text
20206102_bab2.pdf

Download (653kB)
[img] Text
20206102_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
20206102_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB)
[img] Text
20206102_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
20206102_bab6.pdf

Download (225kB)
[img] Text
20206102_daftarpustaka.pdf

Download (338kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi adanya permasalahan berdasarkan hasil observasi di kelas V dan wawancara dengan guru kelas V di SDN Ngronggo 5 Kota Kediri, diketahui kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru dan metode yang disampaikan hanya ceramah dan tanya jawab saja yang membuat peserta didik kurang bersemangat dan konsentrasi sehingga hal tersebut berdampak pada aktifitas siswa yang cenderung pasif dan menurunnya hasil belajar. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti berupaya untuk mengembangkan media pembelajaran yang berbasiskan teknologi yaitu media pembelajaran interaktif EGAMA RIMOSIS berbantuan Power Point. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) Untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif EGAMA RIMOSIS berbantuan Powert Point; (2) Untuk mengetahui respon kelayakan media pembelajaran interaktif EGAMA RIMOSIS berbantuan Power Point; dan (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V setelah menggunakan media pembelajaran interaktif EGAMA RIMOSIS berbantuan Power Point di SDN Ngronggo 5 Kota Kediri. Metode penelitian ini adalah metode Research and Development (RnD) dengan jenis model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media pembelajaran interaktif EGAMA RIMOSIS dikembangkan dengan berbantuan Power Point yang isinya memuat ringkasan materi, gambar, video, lagu dan kumpulan soal kuis sesuai materi; (2) Media pembelajaran interaktif EGAMA RIMOSIS berbantuan Powert Point dinyatakan layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh persentase 96,5% dengan kriteria “Sangat Layak”, ahli media mendapatkan perolehan sebesar 85% dengan kriteria “Sangat Layak”, hasil angket respon peserta didik pada uji kelompok kecil diperoleh persentase 90% dengan kriteria “Sangat Baik”; dan (3) Peningkatan hasil belajar peserta didik setelah penggunaan media diperoleh berdasarkan hasil pre-test dan post-test saat uji kelompok besar. Hasil rata-rata pre-test sebesar 61,07% dan hasil rata-rata post-test sebesar 90,35%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif EGAMA RIMOSIS berbantuan Power Point berhasil meningkatkan hasil belajar pada peserta didik kelas V di SDN Ngronggo 5 Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ALFIATUL KUSNIA
Date Deposited: 04 Oct 2024 08:14
Last Modified: 04 Oct 2024 08:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14912

Actions (login required)

View Item View Item