Rahmadi, Muhammad Rizky (2024) Strategi komunikasi pemasaran WE-A Outlet dalam meningkatkan penjualan merchandise k-pop di Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933512819_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
933512819_bab1.pdf Download (181kB) |
|
Text
933512819_bab2.pdf Download (132kB) |
|
Text
933512819_bab3.pdf Download (140kB) |
|
Text
933512819_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) |
|
Text
933512819_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) |
|
Text
933512819_bab6.pdf Download (34kB) |
|
Text
933512819_daftarpustaka.pdf Download (103kB) |
|
Text
933512819_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (748kB) |
Abstract
Perkembangan industri K-pop yang begitu pesat menggiring munculnya bisnis merchandise K-pop di Indonesia Khususnya Kota Kediri. Beredarnya bisnis K-pop baru ini memberikan pengaruh pada omset dari WE-A Outlet. Untuk itu perlu dirancang strategi komunikasi pemasaran yang efektif guna meningkatkan penjualan dari WE-A Outlet. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran merchandise K-pop di Kota Kediri dan faktor pendukung serta penghambat WE-A Outlet dalam memasarkan produk. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif. Dan termasuk dalam jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan teori bauran komunikasi pemasaran. Penelitian mengambil lokasi di Toko “WE-A Outlet” beralamat di Jalan Mojoroto Gang. 6 Barat No.20, Mojoroto, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan observasi, wawancara dengan owner WE-A Outlet dan karyawan WE-A Outlet didukung dengan dokumentasi produk merchandise K-pop yang dipasarkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WE-A Outlet menggunakan strategi komunikasi pemasaran berdasarkan teori bauran komunikası, yang mencakup periklanan di media sosial, promosi penjualan dengan berbagai paket dan hadiah, hubungan masyarakat melalui kerjasama dengan mitra bisnis lain dan komunitas K-pop, serta penjualan pribadi di acara tertentu dan pemasaran langsung melalui aplikasi Whatsapp. Strategi ini dinilai efektif dalam menarik minat pelanggan dan dapat meningkatkan omset bulanan. Beberapa faktor pendukung WE-A Outlet dalam memasarkan produk merchandise K-pop adalah meningkatnya popularitas K-pop, WE-A Outlet yang sudah dikenal oleh penggemar K-pop, dan kemajuan teknologi media sosial yang memperluas pemasaran. Faktor penghambatnya meliputi penurunan penjualan pada momen tertentu, munculnya kompetitor serupa, dan kurangnya kegiatan K-pop di Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | MUHAMMAD RIZKY RAHMADI |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 06:10 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 06:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14884 |
Actions (login required)
View Item |