Ramadhani, Faradilla Masna (2024) Manajemen Sumber Daya Manusia Sebagai Strategi Menghadapi Persaingan Usaha Bidang Fashion Muslim (Studi pada Dhyhijab Jombang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
934134419_prabab.pdf Download (380kB) |
|
Text
934134419_bab1.pdf Download (230kB) |
|
Text
934134419_bab2.pdf Download (292kB) |
|
Text
934134419_bab3.pdf Download (68kB) |
|
Text
934134419_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (714kB) |
|
Text
94134419_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
|
Text
934134419_bab6.pdf Download (88kB) |
|
Text
934134419_daftarpustaka.pdf Download (173kB) |
|
Text
934134419_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
934134419_suratpublikasi.pdf Download (104kB) |
Abstract
Upaya Indonesia dalam menjadi negara produksi halal, salah satunya dengan meningkatkan industri halal sektor fashion muslim. Namun dalam mengembangkan industri halal tersebut terdapat tantangan yang dihadapi yakni kualitas sumber daya manusia. Sumber daya manusia memiliki kontribusi yang penting dalam perkembangan bisnis, karena merupakan infrastruktur sekaligus aset strategis guna membantu organisasi mencapai tujuan. Munculnya berbagai kompetitor dalam menjalankan usaha fashion muslim, menuntut setiap pemilik usaha harus mampu mendefinisikan strategi bisnis kemudian diimplementasikan melalui pengelolaan sumber daya manusia yang baik. Apabila hal tersebut dapat dijalankan maka akan menciptakan keunggulan kompetitif. Oleh sebab itu penulis bermaksud menganalisa lebih dalam terkait manajemen sumber daya manusia sebagai strategi menghadapi persaingan usaha bidang fashion muslim di Dhyhijab Jombang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuannya adalah menggambarkan secara struktural dan akurat mengenai fakta dan karakteristik populasi pada bidang tertentu dengan berusaha menggambarkan situasi atau kejadian sebenar-benarnya. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) Strategi Dhyhijab dalam menemukan dan menciptakan sumber daya manusia yang memiliki keahlian dan ketrampilan dengan merekrut karyawan dengan kualifikasi pendidikan lebih tinggi pada divisi penting, seperti divisi sosial media dan kepala operasional. Selain itu memberian kompensasi yang lebih tinggi di atara para kompetitor, yakni rentang 1.800.000 – 2.300.000 bagi divisi frontliner, serta gaji setara UMR Kabupaten Jombang bagi divisi sosial media dan kepala operasional, sehingga dapat meningkatkan kepuasan kerja serta mempertahankan karyawan untuk terus loyal dalam pekerjaan. Fokus akan pengembangan kemampuan komunikasi bagi karyawan frontliner serta mengembangkan inovasi pada sosial media guna menghasilkan produk dan layanan sesuai degan target pasar. 2) Manajemen sumber daya manusia pada Dhyhijab memberikan peran positif dalam memperoleh karyawan dengan kompetensi dan keahlian sesuai dengan divisi yang direncanakan. Kemampuan dalam mengelola sosial media dan pelayanan customer membangun citra Dhyhijab di kalangan masyarakat, hingga memberikan dampak terhadap persaingan usaha. Dhyhijab menjadi usaha dengan volume penjualan tertinggi di antara kompetitor dengan rata-rata 5000 pcs per bulan. Selain itu interaksi pelanggan pada sosial media dan jumlah pengikut meningkat dibandingkan dengan kompetitor.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Faradilla Masna Ramadhani |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 07:56 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 07:56 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14875 |
Actions (login required)
View Item |