Analisis Produksi Stick Tahu Jelita Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Ditinjau Dari Produksi Islam

Muhammadi, Imadudin (2024) Analisis Produksi Stick Tahu Jelita Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Ditinjau Dari Produksi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931320218_Prabab.pdf

Download (726kB)
[img] Text
931320218_Bab1.pdf

Download (362kB)
[img] Text
931320218_Bab2.pdf

Download (267kB)
[img] Text
931320218_Bab3.pdf

Download (286kB)
[img] Text
931320218_Bab4.docx
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text
931320218_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
931320218_Bab6.pdf

Download (141kB)
[img] Text
931320218_Daftarpustaka.pdf

Download (167kB)
[img] Text
931320218_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
931320218_pertanyaanpublikasi.pdf

Download (641kB)

Abstract

Imadudin Muhammadi. Dosen Pembimbing Dr. Binti Mutafarida, S.E., M.E.I, Dr. Mohamad Anang Firdaus, M.Pd.I : Analisis Produksi Stick Tahu Jelita Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan ditinjau dari Produksi Islam. Skripsi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2024Kata Kunci: Produksi, Loyalitas Pelanggan, Produksi Dalam Islam.Tahu merupakan produk makanan berbahan dasar kedelai yang sering dikonsumsi oleh penduduk Indonesia sebagai salah satu sumber protein. Kepopuleran tahu di masyarakat indonesia sudah sejak dahulu. Tahu juga kerap dijadikan salah satu usahan kuliner di berbagai wilayah seperti di Kediri. Berbagai macam produk olahan makanan ringan khas Kediri seperti stik tahu, gethuk pisang, tahu kuning dan masih banyak lagi yang dapat dijumpai di daerah Kediri. Hal itu juga tak lepas dari peran masyarakat yang telah berantusias dalam menggerakkan perekonomian di Kediri pada bidang produksi. Manajemen Produksi akan mempengaruhi loyalitas pelanggan. Maka dari itu penulis akan membahas terkait Analisis Produksi Stick Tahu Jelita Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan ditinjau dari Produksi Islam.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer didapat melalui wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan pemilik selaku produsen stick tahu Jelita, karyawan serta pelanggan tetap. Sedangkan untuk sumber data sekunder diperoleh melalui dokumentasi, catatan terkait stick tahu Jelita, laporan keuangan serta informasi yang berkaitan dengan Stick tahu Jelita. Untuk menganalisa hasil temuan, peneliti menggunakan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian yaitu, (1) Produksi Stick Tahu Jelita pada hal ini tentunya harus sesuai dengan tujuan dari produksi dalam Islam yang menyangkut dua garis optimalisasi, pertama adalah mengupayakan berfungsinya sumber daya insani ke arah pencapaian kondisi, disini pengusaha stick tahu jelita sudah mampu menciptakan karya sehingga bisa membantu membuka lowongan pekerjaan bagi para tetangga. Optimalisasi yang kedua adalah memproduksi kebutuhan primer, sekunder dan tersier secara proporsional, sehingga tidak saja harus halal tetapi juga harus baik dan bermanfaat (thayyib). Pengusaha Stick Tahu Jelita dalam pada hal ini juga memproduksi produk yang halal namun dalam proses pengolahannya masih tidak sesuai dengan prinsip dari produksi Islam dimana pada saat menjemur stick tahu di ruang terbuka sehingga mempengaruhi kehigienisan suatu produk serta minyak yang digunakan dalam menggoreng merupakan minyak sisa sehingga berpotensi menimbulkan kemadharatan yang tidak sesuai dengan syariat Islam. (2) Dalam mempertahankan loyalitas pelanggan pemilik stick tahu jelita ini melakukan beberapa strategi diantaranya ialah menawarkan produk dengan kualitas yang bagus, memberikan harga yang murah dengan rasa yang enak, serta melakukan promosi lewat mulut ke mulut (melibatkan orang lain) maupun lewat media sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Imadudin Muhammadi
Date Deposited: 20 Sep 2024 07:08
Last Modified: 20 Sep 2024 07:08
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14870

Actions (login required)

View Item View Item