Pengaruh kualitas produk harga dan promosi terhadap tingkat kepuasan konsumen pengguna shopee : studi kasus mahasiswa ekonomi syariah IAIN Kediri

Fania, Este (2024) Pengaruh kualitas produk harga dan promosi terhadap tingkat kepuasan konsumen pengguna shopee : studi kasus mahasiswa ekonomi syariah IAIN Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20401165_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20401165_bab1.pdf

Download (370kB)
[img] Text
20401165_bab2.pdf

Download (199kB)
[img] Text
20401165_bab3.pdf

Download (219kB)
[img] Text
20401165_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
20401165_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
20401165_bab6.pdf

Download (82kB)
[img] Text
20401165_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

ESTE FANIA, Dosen pembimbing Bapak ARIF ZUNAIDI, SHI, MEI dan Ibu ISLAMIATI HIDAYAH, S.A., M.Akun : Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pengguna Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri), 2024. Kata kunci : Kualitas Produk, Harga, Promosi, Tingkat Kepuasan Konsumen Kualitas produk merupakan suatu kelebihan yang akan diberikan oleh seorang produsen atas barang yang diproduksinya dengan tujuan untuk memberikan hasil yang terbaik bahkan melebihi apa yang diperkirakan oleh para konsumen. Harga diartikan sebagai suatu alat yang akan diberikan terhadap nilai suatu barang yang telah disesuaikan dengan barang tersebut yang mana digunakan sebagai alat transaksi yang akan dilakukan oleh seorang konsumen untuk mendapatkan barang atau jasa yang mereka inginkan. Promosi merupakan suatu proses yang akan berlangsung dengan melakukan penyebaran informasi dan bersifat mempengaruhi seorang konsumen untuk melakukan pembelian terhadap barang atau jasa tertentu. Kepuasan konsumen merupakan suatu hal yang menyangkut perasaan yang akan dirasakan oleh setiap orang yang melakukan pembelian atas suatu barang dan jasa. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisa pengaruh secara parsial kualitas produk terhadap tingkat kepuasan konsumen, pengaruh harga terhadap tingkat kepuasan konsumen, dan pengaruh promosi terhadap tingkat kepuasan konsumen. Penelitian ini juga ditujukan untuk mengetahui secara simultan pengaruh kualitas produk terhadap tingkat kepuasan konsumen, pengaruh harga terhadap tingkat kepuasan konsumen, dan pengaruh promosi terhadap tingkat kepuasan konsumen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 115 responden yakni mahasiswa ekonomi syariah angkatan 2020 IAIN Kediri. Penarikan sampel didasarkan atas jenis sampel yakni probability sampling dan menggunakan data primer yang didapatkan dari penyebaran kuisioner dengan skala likert. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen pengguna shopee yang dibuktikan dengan nilai sig 0,014 < 0,05. Harga secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen pengguna shopee yang dibuktikan dengan nilai sig 0,240 > 0,05. Promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen pengguna shopee yang dibuktikan dengan nilai sig 0,042 < 0,05. Dengan hasil Fhitung 7,015 > 2,68 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka kualitas produk, harga, dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan kosumen pengguna shopee. Yang mana menghasilkan nilai R-square sebesar 0,399 atau 39,9% dan sisanya yakni 60,1% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1403 Econometrics > 140305 Time-Series Analysis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Este Fania
Date Deposited: 17 Sep 2024 06:28
Last Modified: 17 Sep 2024 06:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14869

Actions (login required)

View Item View Item