Pengembangan Media Alga Sina (Alat Peraga Simulasi Gerhana) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gerhana SDN 1 Dadapan

Sukmawati, Devi Widya (2024) Pengembangan Media Alga Sina (Alat Peraga Simulasi Gerhana) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gerhana SDN 1 Dadapan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20206108_prabab.pdf

Download (906kB)
[img] Text
20206108_bab1.pdf

Download (710kB)
[img] Text
20206108_bab2.pdf

Download (679kB)
[img] Text
20206108_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)
[img] Text
20206108_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB)
[img] Text
20206108_bab5.pdf

Download (427kB)
[img] Text
20206108_dartarpustaka.pdf

Download (440kB)
[img] Text
20206108_suratpernyataan.pdf

Download (150kB)

Abstract

Devi Widya Sukmawati, Dosen Pembimbing Ratna Wahyu Wulandari, M.Pd dan Aulia Rohmawati, M.Pd.I, Pengembangan Media Alga Sina (Alat Peraga Simulasi Gerhana) unruk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gerhana kelas VI SDN I Dadappan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci: Pengembangan, Alga Sina , Hasil Belajar, Gerhana. Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya masalah dalam pembelajaran IPA di kelas VI SDN I Dadapan, di mana peserta didik mengalami kesulitan memahami materi yang bersifat abstrak, seperti fenomena gerhana, yang jarang mereka temui dalam kehidupan sehari-hari. Kesulitan ini berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Produk akhir yang dikembangkan adalah media Alga Sina, yang bertujuan untuk menciptakan media yang layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI SDN I Dadapan pada materi pembelajaran IPA tentang gerhana. Jenis penelitian yang digunakan yakni Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) Pendefinisian, (2) Perancangan, (3) Pengembangan dan (4)Penyebaran. Perhitungan analisis data produk menggunakan Uji Normalitas, Uji T dan Uji N-Gain. Berdasarkan nilai rata-rata dari validator ahli materi, desain media, dan pembelajaran adalah 91,5% dengan status “Sangat Layak” dan setelah diterapkan kepada peserta didik rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 85,5 yang dicapai pada kegiatan posttest dan mencapai nilai presentase sebesar 70% dengan kategori “Tinggi”. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yang menyatakan bahwa ada perbedaan nilai pretest dan postest setelah penggunan media pembelajaran Alga Sina. Sehingga pada tolak ukur tersebut dinyatakan bahwa media Alga Sina sangat efektif digunakan pada pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 04 EARTH SCIENCES (Ilmu Bumi) > 0499 Other Earth Sciences > 049999 Earth Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: DEVI WIDYA SUKMAWATI
Date Deposited: 13 Sep 2024 07:42
Last Modified: 13 Sep 2024 07:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14806

Actions (login required)

View Item View Item