Analisis Uses & Gratification Pada Aplikasi Weverse Dalam Konteks Relasi Parasosial Grup K-Pop Seventeen Dan Carat

Safi’i, Dina Favliana (2024) Analisis Uses & Gratification Pada Aplikasi Weverse Dalam Konteks Relasi Parasosial Grup K-Pop Seventeen Dan Carat. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20103100_Pra Bab .pdf

Download (1MB)
[img] Text
20103100_BAB I.pdf

Download (713kB)
[img] Text
20103100_BAB II.pdf

Download (390kB)
[img] Text
20103100_BAB III.pdf

Download (285kB)
[img] Text
20103100_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
20103100_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
20103100_BAB IV.pdf

Download (828kB)
[img] Text
20103100_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)
[img] Text
20103100_LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (101kB)

Abstract

Relasi parasosial merupakan fenomena yang terjadi melalui media seperti televisi, media sosial, atau konten digital lainnya. Relasi tersebut tampak seperti hubungan sosial dan terasa nyata, tetapi sebenarnya hanya satu pihak yang aktif terlibat secara emosional. Hubungan yang terjalin pada interaksi yang terjadi pada Carat dan Seventeen pada aplikasi Weverse merupakan hubungan parasosial. Penelitian ini membahas tentang penggunaan kepuasan aplikasi weverse dalam konteks parasosial antara Seventeen dan Carat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan memahami penggunaan dan kepuasan Carat dalam berinteraksi pada aplikasi Weverse. Penelitian ini menggunakan konsep teori uses and gratification dari Denis McQuail menggunakan pendekatan dan teknik pengumpulan datanya berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian ada enam orang yang merupakan Carat yang berdomisili di Kota Kediri dan secara aktif berinteraksi dengan Seventeen pada aplikasi Weverse. Teknik analisis data adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang disampaikan oleh Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kebutuhan Carat sebagai penggemar seperti kebutuhan dalam mencari informasi, kebutuhan hiburan dan emosional dan kebutuhan bersosial dan berinteraksi sangat terpenuhi pada aplikasi Weverse. Carat dapat memperoleh informasi terbaru, melibatkan emosional, dan berinteraksi dengan sesama Carat bisa terjadi dalam aplikasi Weverse. Pada aplikasi Weverse Carat mendapatkan kepuasan dan manfaat dalam penggunaanya. Carat menjadi lebih aktif dalam menggunakan aplikasi Weverse sebagai wadah interaksi mereka dengan Seventeen. Hubungan Seventeen dan Carat yang terjalin dalam aplikasi Weverse akan membentuk relasi parasosial terbangun dalam interaksi tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: DINA FAVLIANA SAFI`I
Date Deposited: 13 Sep 2024 07:46
Last Modified: 13 Sep 2024 07:46
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14791

Actions (login required)

View Item View Item