Khuluqi, Moh Rifqi Izzal (2024) Pembelajaran Al-Qur'an Melalui Metode Baghdadi Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur'an Siswa MI Al-Qur'an Al-Hikmah Purwoasri Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932137217_PRABAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932137217_BAB1.pdf Download (641kB) |
|
Text
932137217_BAB2.pdf Download (905kB) |
|
Text
932137217_BAB3.pdf Download (614kB) |
|
Text
932137217_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (976kB) |
|
Text
932137217_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (705kB) |
|
Text
932137217_BAB6.pdf Download (350kB) |
|
Text
932137217_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (659kB) |
|
Text
932137217_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (131kB) |
Abstract
Al-Qur’an sebagai wahyu Alah, Swt kepada Nabi Muhammad saw berisi petunjuk bagi umat manusia, perubahan masyarakat menjadi perhatian utama dalam rangka memajukan kehidupan generasi sejalan dengan tuntutan kemajuan masyarakat. Untuk mengatasi problematika yang ada terutama dalam hal membaca Al-Qur’an bagi usia sekolah dasar untuk mengurangi anak-anak yang kurang mampu atau kurang lancar dalam membaca Al-Qur’an dengan metode Baghdadiyah. Adapun Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Al-Baghdadi pada siswa di MI Al-Qur’an Al-Hikmah Purwoasri Kediri? 2) Apa kendala dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Al-Baghdadi pada siswa di MI Al-Qur’an Al-Hikmah Purwoasri Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga cara yaitu melakukan reduksi data, menyajikan data sesuai dengan pokok bahasan, menyimpulkan data atau memverifikasi data. Dan pemeriksaan keabsahan data dengan perpanjangan penelitian, pengecekan keabsahan data dan melakukan teknik triangulasi. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Pembelajaran Al-Qur’an dengan metode baghdadi pada siswa MI Al-Qur’an Al-Hikmah yaitu tahap perencanaan meliputi penerapan metode, menguasai teori dan materi, dan mempersiapkan perlengkapan mengajar, tahap pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan dan tahap evaluasi meliputi tahsin, tahfidz dan murojaah. 2) Kendala dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Baghdadi pada siswa MI Al-Qur’an Al-Hikmah terdapat 2 faktor. Faktor internal meliputi belum bisa fokus dalam pembelajaran, faktor eksternal meliputi kurangnya dukungan orang tua, pengaruh dari siswa luar dan guru yang kurang sabar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MOH RIFQI IZZAL KHULUQI |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 07:10 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 07:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14729 |
Actions (login required)
View Item |