Strategi Pembentukan Karakter Kepemimpinan Peserta Didik Melalui Organisasi IPNU-IPPNU Di Mts Raudlatut Thalabah Ngadiluwih

Zahria, Azza Nabilatul (2024) Strategi Pembentukan Karakter Kepemimpinan Peserta Didik Melalui Organisasi IPNU-IPPNU Di Mts Raudlatut Thalabah Ngadiluwih. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20205034_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20205034_bab1.pdf

Download (350kB)
[img] Text
20205034_bab2.pdf

Download (321kB)
[img] Text
20205034_bab3.pdf

Download (162kB)
[img] Text
20205034_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB) | Request a copy
[img] Text
20205034_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text
20205034_bab6.pdf

Download (145kB)
[img] Text
20205034_daftar pustaka.pdf

Download (198kB)
[img] Text
20205034_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
20205034_Lembar Persetujuan Publikasi.pdf

Download (122kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Karakter kepemimpinan pada diri seseorang sangatlah penting, oleh sebab itu harus ditanamkan sejak usia dini. Pembentukan kepemimpinan sejak usia dini pada peserta didik sangat penting karena peserta didik memiliki potensi kepemimpinan yang dapat dikembangkan, baik secara fisik maupun psikis, melalui pendidikan formal dan non formal. Pembentukan karakter kepemimpinan peserta didik berguna untuk menanamkan jiwa pemimpin, jiwa tanggung jawab, jiwa disiplin, adil dan jujur, serta memiliki pribadi yang berakhlak mulia yang bertaqwa kepada Allah SWT. Berkaitan dengan itu pasti memerlukan strategi untuk membentuk karakter kepemimpinan peserta didik. Pembentukan karakter kepemimpinan pada peserta didik di lembaga pendidikan biasanya berasal dari berbagai program, salah satunya yaitu organisasi yang ada di sekolah termasuk IPNU IPPNU. Berkaitan dengan itu juga tidak semua lembaga pendidikan formal terdapat organisasi IPNU IPPNU. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Proses analisis data dilakukan pada pertama kali di lokasi dan pada saat dilapangan yang berupa reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembentukan karakter kepemimpinan peserta didik melalui organisasi IPNU IPPNU memiliki 3 tahap. Pertama yaitu 1) formulasi strategi. Pada tahap awal ini madrasah menyiapkan sarana prasarana, serta mewajibkan semua kelas VII untuk mengikuti IPNU IPPNU, menyusun pembahasan atau materi ke NU an dan kepemimpinan, serta merancang semua progam yang akan dilakukan dalam satu periode. 2) Implementasi strategi. Memberikan materi kepemimpinan pada setiap program-program kerja IPNU IPPNU, menunjuk peserta didik untuk menjadi petugas di setiap kegiatan dengan sistem gilir, memberikan tugas untuk mempengaruhi dan mengajak peserta didik lainnya supaya mau bergabung dalam organisasi. 3) Evaluasi strategi. Untuk evaluasi yang dilakukan peserta didik dan pembina setelah terlaksananya progam kerja. Sedangkan evaluasi kepala sekolah, guru, dan pembina dilakukan pada akhir semester sekali untuk mengetahui perkembangan maupun tantangan yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Azza Nabilatul Zahria
Date Deposited: 11 Sep 2024 07:26
Last Modified: 11 Sep 2024 07:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14727

Actions (login required)

View Item View Item