Relevansi Pendidikan Spiritual Model Khalwat Dalam Membangun Akhlak Murid Di Pondok Pesantren Baitur Rohmah Malang

Wijayanti, Tutut (2019) Relevansi Pendidikan Spiritual Model Khalwat Dalam Membangun Akhlak Murid Di Pondok Pesantren Baitur Rohmah Malang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932121014 - PRA BAB .pdf

Download (474kB)
[img] Text
932121014 - BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
932121014 - BAB II.pdf

Download (518kB)
[img] Text
932121014 - BAB III.pdf

Download (258kB)
[img] Text
932121014 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
932121014 - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
932121014 - BAB VI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
932121014 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] Text
932121014 - LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB)

Abstract

Moral merupakan sesuatu yang menyangkut budi pekerti manusia yang beradab. Di zaman yang semakin canggih ini menimbulkan dampak pada kehidupan manusia, salah satunya krisis moral yang terjadi pada bangsa ini. Oleh sebab itu dibutuhkan pembenahan pada aspek spiritual, yaitu pendidikan spiritual model khalwat yang pokok pelajaran sebenarnya berpusat pada tafakur. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengajukan fokus penelitian pada: 1) Bagaimana pelaksanaan pendidikan spiritual model khalwat di Pondok Pesantren Baitur Rohmah Malang?.(2) Apa saja dampak khalwat terhadap akhlak murid?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam rangka memperoleh data yang dibutuhkan digunakan tehnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pelaksanaan pendidikan spiritual model khalwat yang dilaksanakan di pondok pesantren Baitur Rohmah Malang yaitu melalui pengasingan diri (khalwat) minimal seminggu, pembelajaran fokus pada pembersihan jiwa, selalu melanggengkan wudhu, dan mengurangi waktu tidur di malam hari, melaksanakan shalat fardhu tepat pada waktunya, memperbanyak sholat sunnah, diharuskan untuk berpuasa, murid selalu memperbanyak berdzikir. 3. Dampak khalwat terhadap akhlak murid yaitu perilaku zuhud, sikap berhati-hati dalam segala hal dan ridha. Kesimpulan yang dapat ditarik bahwa dalam pelaksanaan khalwat ini berpusat pada pembersihan jiwa yang dilakukan dengan model khalwat atau mengasingkan diri, bukan hanya dari tempat tinggal tapi juga menyingkirkan diri dari masyarakat ramai dan keluarga, serta dalam hal ini murid juga harus mengikuti daurah spiritual demi tercapainya tujuan yang sebenarnya, yaitu menyucikan hati dan jiwa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 08 Oct 2020 04:21
Last Modified: 08 Oct 2020 04:21
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1467

Actions (login required)

View Item View Item