Azizah, Isti'anatul (2024) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Berdasarkan Tingkat Keaktifan Siswa Dalam Berorganisasi Pada Siswa Kelas VIII MTs Sunan Ampel Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20204022_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
20204022_bab1.pdf Download (218kB) |
|
Text
20204022_bab2.pdf Download (296kB) |
|
Text
20204022_bab3.pdf Download (402kB) |
|
Text
20204022_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
20204022_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
|
Text
20204022_bab6.pdf Download (58kB) |
|
Text
20204022_daftarpustaka.pdf Download (200kB) |
|
Text
20204022_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
20204022_LembarPernyataanPersetujuanPublikasi.pdf Download (121kB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis matematis adalah salah satu kemampuan yang sangat penting dalam pendidikan matematika. Guru sangat berperan dalam mengetahui gambaran jelas tentang kemampuan berpikir kritis siswanya baik dalam pembelajaran di kelas maupun di luar kelas seperti organisasi. Dengan begitu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa berdasarkan tingkat keaktifan siswa dalam berorganisasi. Adapun jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di MTs Sunan Ampel Pare. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang mengikuti organisasi dengan jumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari lembar angket keaktifan berorganisasi, lembar tes soal cerita, dan pedoman wawancara kemampuan berpikir kritis. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar angket keaktifan berorganisasi, lembar tes soal cerita, dan pedoman wawancara kemampuan berpikir kritis. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi metode. Prosedur pengumpulan data dimulai dari pemberian angket keaktifan berorganisasi kepada seluruh subjek penelitian. Tahap selanjutnya adalah memberikan tes soal cerita materi teorema pythagoras kepada enam subjek yaitu terdiri dari dua siswa tingkat keaktifan berorganisasi tinggi, dua siswa tingkat keaktifan berorganisasi sedang, dan dua siswa tingkat keaktifan berorganisasi rendah. Tahap terakhir adalah dengan melakukan wawancara kepada enam subjek tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat keaktifan berorganisasi tinggi dalam menyelesaikan soal cerita teorema pythagoras mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis. Indikator kemampuan berpikir kritis yang dipenuhi yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi dan eksplanasi. Siswa dengan tingkat keaktifan berorganisasi sedang memenuhi beberapa indikator kemampuan berpikir kritis. yaitu interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Siswa dengan tingkat keaktifan berorganisasi rendah hanya memenuhi dua indikator kemampuan berpikir kritis yaitu evaluasi dan inferensi, terdapat juga subjek yang hanya memenuhi indikator analisis dan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Isti Anatul Azizah |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 03:21 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:21 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14668 |
Actions (login required)
View Item |