SOFIYAH, NUR (2024) Pengembangan Media Papan Bangun Datar Berbasis Steam Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas II MI Al Irsyad Islamiyyah Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20206045_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
20206045_bab1.pdf Download (472kB) |
|
Text
20206045_bab2.pdf Download (1MB) |
|
Text
20206045_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) |
|
Text
20206045_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
20206045_bab5.pdf Download (216kB) |
|
Text
20206045_daftarpustaka.pdf Download (337kB) |
|
Text
20206045_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
20206045_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (207kB) |
Abstract
Nur Sofiyah, Dosen Pembimbing Dr.Fartika Ifriqia, M.Pd. dan Aulia Rohmawati, M.Pd., Pengembangan Media Papan Bangun Datar Berbasis STEAM Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Matematika Kelas II MI Al Irsyad Islamiyyah Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci : Papan Bangun Datar, STEAM, Motivasi Belajar Pembelajaran Matematika dengan berbasis STEAM untuk meingkatkan motivasi belajar merupakan rangkaian mengolah data dengan cara observasi, eksperimen, menanya, mengolah, mengkomunikasikan dengan menggunakan pendekatan yang menggabungkan lima disiplin ilmu yang mampu menarik peserta didik agar lebih aktif dan termotivasi dalam proses pembelajaran. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran Papan Bangun Datar berbasis STEAM yang berkaitan dengan dengan materi bangun datar mata pelajaran Matematika dengan tujuan a) Untuk mengembangkan media pembelajaran Papan Bangun Datar berbasis STEAM dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik Kelas II di MI Al Irsyad Kota Kediri, b) Untuk mengetahui kelayakan media Papan Bangun Datar berbasis STEAM dalam peningkatkanan motivasi belajar peserta didik Kelas II di MI Al Irsyad Kota Kediri. c) Untuk peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan adanya media Papan Bangun Datar berbasis STEAM dalam meningkatkanan motivasi belajar peserta didik di kelas II MI Al Irsyad Kota Kediri . Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD). Model penelitian ini yaitu ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap pelaksanaan (implementation), dan tahap evaluasi (evaluasi). Teknik pengumpulan data berupa angket dengan teknik analisis data berupa uji normalitas, uji T, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran Matematika yang diterapkan pada peserta didik kelas II MI Al Irsyad Kota Kediri masih banyak ceramah dan belum adanya media pembelajaran. 2) Pengembangan Papan Bangun Datar berdasarkan analisis kurikulum, analisis kebutuhan dan analisis peserta didik. Perancangan Papan Bangun Datar menggunakan mesin pemotong kayu dan dibantu aplikasi Canva. Setelah produk dirancang, dilakukan validasi untuk mengetahui tingkat kelayakan media Papan Bangun Datar berbasis STEAM. Hasil validasi media yakni 76,59% dengan kriteria baik. Hasil validasi materi yakni 91,6% dengan kriteria sangat baik. Hasil validasi pembelajaran yakni 95,53% dengan kriteria sangat baik. 3) Peningkatan motivasi belajar menggunakan media Papan Bangun Datar dapat dilihat dari analisis hasil angket peserta didik. Hasil Pre test menunjukkan nilai rata-rata sebesar 54,8 dan post test rata-rata sebesar 80,75.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Sofiyah |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 02:47 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 02:47 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14667 |
Actions (login required)
View Item |