Khoiruttajubba, Kurnia Haqmalia (2024) Strategi Pemasaran BMT Istiqomah dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Perspektif Marketing Syariah (Studi pada BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20402111_prabab.pdf Download (514kB) |
|
Text
20402111_bab1.pdf Download (168kB) |
|
Text
20402111_bab2.pdf Download (170kB) |
|
Text
20402111_bab3.pdf Download (82kB) |
|
Text
20402111_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
|
Text
20402111_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) |
|
Text
20402111_bab6.pdf Download (17kB) |
|
Text
20402111_daftarpustaka.pdf Download (82kB) |
|
Text
934211120_Form Pernyataan Persetujuan Publikasi (1)-1.pdf Download (71kB) |
Abstract
Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang memberikan layanan pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat melalui pinjaman mikro dan pembiayaan. BMT Istiqomah hanya menyediakan produk yang terbatas dan promosi yang sederhana, namun jumlah anggota setiap tahunnya meningkat. Skripsi ini menjelaskan mengenai Strategi Pemasaran BMT Istiqomah Karangrejo dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Perspektif Marketing Syariah. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan mengenai, 1) Bagaimana Strategi Pemasaran BMT Istiqomah Karangrejo dalam Meningkatkan Jumlah Anggota, 2) Bagaimana Strategi Pemasaran BMT Istiqomah dalam Perspektif Marketing Syariah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif khususnya kategori analisa data. Lokasi penelitian berada di BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung yang terletak di Jalan Dahlia No. 8 Karangrejo Tulungagung. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi, penyajian dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi pemasaran yang digunakan adalah 7p yaitu: product, place, price, promotion, process, people, physical evidence. Dalam melakukan promotion BMT Istiqomah berbeda dengan lembaga lainnya. BMT Istiqomah menggunakan strategi pemasaran dari mulut ke mulut dan tidak mengandalkan teknologi yang ada, serta mampu mempertahankan dan meningkatkan jumlah anggota. 2) Pada proses pemasaran ini, BMT Istiqomah sudah sesuai dengan strategi pada marketing syariah yaitu teistis (rabbaniyyah), etis (akhlaqiyyah), humanitis (al-insaniyyah). Ditinjau dari karakteristik realistis (al-waqiyyah) BMT Istiqomah dalam mewaspadai keadaan pasar yang selalu berubah mampu beradaptasi dan berinteraksi dengan calon anggota, namun perlu ditingkatkan dengan memanfaatkan teknologi digital agar dapat meningkatkan jumlah anggota.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | KURNIA HAQMALIA KHOIRUTTAJUBBA |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 07:12 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 07:12 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14598 |
Actions (login required)
View Item |