Faddhillah, Oktafia Nuril (2024) Pengembangan Mediakomik Berbasis Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Literasi Budaya Siswa Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Negri 7 Prambon Nganjuk Pada Mata Pelajaran Ipas. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20206086_prabab.pdf Download (660kB) |
|
Text
20206086_bab1.pdf Download (475kB) |
|
Text
20206086_bab2.pdf Download (250kB) |
|
Text
20206086_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) |
|
Text
20206086_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
20206086_bab5.pdf Download (322kB) |
|
Text
20206086_daftarpustaka.pdf Download (211kB) |
|
Text
20206086_Form Pernyataan Persetujuan Publikasi (1) (1).pdf Download (53kB) |
Abstract
Salah satu tujuan pembelajaran IPAS Sosial adalah mengenalkan konsep-konsep yang berhubungan dengan kehidupan manusia atau masyarakat dan lingkungannya. Tujuan ini berkaitan dengan pemahaman dan pengetahuan siswa terhadap kebudayaan yang ada di Indonesia. Berdasarkan pada hasil wawancara dan observasi didapatkan data berupa rendahnya literasi budaya siswa pada mata pelajaran IPAS Sosial materi budaya. Menyadari pentingnya mengintegrasikan unsur budaya ke dalam pendidikan, penelitian ini berfokus pada pengembangan komik pendidikan yang mencerminkan tradisi, nilai-nilai, dan pengetahuan lokal daerah Nganjuk, tujuan penelitian ini untuk: 1) Mengembangkan media komik berbasis budaya lokal mata pelajaaran IPAS BAB 6 di kelas IV MIN 7 Prambon Nganjuk; 2) Mengetahui kelayakan media komik berbasis budaya lokal pada mata pelajaran IPAS kelas IV MIN 7 Prambon Nganjuk; dan 3) Mengetahui peningkatan literasi budaya siswa kelas IV MIN 7 Prambon Nganjuk. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE; Analysis, Design, Development, Implmentation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-C MIN 7 Prambon Nganjuk. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang didapatkan dari penelitian ini dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengembangan media kimik berbasis budaya lokal pada penelitian ini melalui tahap-tahap penelitian dan pengembangan model ADDIE. Tahap-tahap tersebut antara lain, 1) Analisis (Analysis), 2) Desain (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Implementation), dan 5) Evaluasi (Evaluation); (2) Kelayakan media komik berbasis budaya lokal memenuhi kriteria valid dengan hasil kelayakan oleh uji ahli desain materi diperoleh skor sebesar 89%, ahli media diperoleh skor 83,16%, ahli desain media 92%, ahli pembelajaran 92%, respon pengguna diperoleh skor sebesar 89% memenuhi kriteria cukup baik; dan (3) Efektivitas media komik berbasis budaya lokal dapat dilihat dari hasil belajar pre-test dan post-test siswa pada uji coba kelompok besar. Media komik berbasis budaya lokal dinilai efektif ditandai dengan meningkatnya hasil uji pre-test dan post-test literasi budaya siswa sebesar 0,69 dengan kategori peningkatan “Sedang”, 18 siswa atau 56,25% berada pada taraf “Tinggi”, 13 siswa atau 40,6% berada pada ataraf “Sedang” dan 1 atau 3,12% berada pada taraf “Rendah”.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Oktafia Nuril Faddillah |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 07:41 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 07:41 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14592 |
Actions (login required)
View Item |