Analisis Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dalam menyelesaikan soal Logika Matematika ditinjau dari Kesiapan Kerja Siswa

Ummah, Ashlahul (2024) Analisis Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dalam menyelesaikan soal Logika Matematika ditinjau dari Kesiapan Kerja Siswa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20204028_Prabab.pdf

Download (571kB)
[img] Text
20204028_Bab1.pdf

Download (490kB)
[img] Text
20204028_Bab2.pdf

Download (636kB)
[img] Text
20204028_Bab3.pdf

Download (538kB)
[img] Text
20204028_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20204028_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
20204028_Bab6.pdf

Download (209kB)
[img] Text
20204028_DaftarPustaka.pdf

Download (343kB)
[img] Text
20204028_sp.pdf

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran adaptif siswa dalam menyelesaikan soal logika matematika yang ditinjau dari kesiapan kerja siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik untuk memperoleh data adalah dengan angket, tes tulis, wawancara yang telah divalidasi oleh ahli. Penelitian dilakukan di kelas 11 jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK Al Muniroh sebanyak 13 siswa. Setelah diberikan angket kesiapan kerja, siswa akan dikelompokkan berdasarkan kategori tinggi sedang, dan rendah. Kemudian siswa diberikan soal tes, siswa akan diambil sebanyak 6 siswa terdiri dari 2 siswa dengan kesiapan tinggi, 2 siswa dengan kesiapan sedang, dan 2 siswa dengan kesiapan rendah untuk melakukan wawancara. Partisipan diambil berdasarkan hasil yang menggunakan pedoman penilaian penalaran adaptif dan hasil angket kesiapan kerja siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran adaptif siswa dengan kesiapan kerja tinggi memenuhi 5 indikator kemampuan penalaran adaptif yang digunakan dalam penelitian ini. Namun, terdapat siswa dengan kesiapan kerja tinggi mampu memenuhi 4 indikator kemampuan penalaran adaptif. Siswa tersebut tidak dapat menemukan pola pada gejala matematis. Kemampuan penalaran adaptif siswa dengan kesiapan kerja sedang memenuhi 4 indikator kemampuan penalaran adaptif yang digunakan dalam penelitian ini. Kedua subjek belum memenuhi indikator menemukan pola pada gejala matematis. Kemampuan penalaran adaptif siswa dengan kesiapan kerja rendah memenuhi 3 indikator kemampuan penalaran adaptif. Kedua subjek belum memenuhi indikator memeriksa kesahihan argumen dan menemukan pola pada gejala matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: ASHLAHUL UMMAH
Date Deposited: 05 Sep 2024 07:06
Last Modified: 05 Sep 2024 07:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14586

Actions (login required)

View Item View Item