Implementasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa di SMP Islmic Internasional School Pesantren Sabilil Muttaqien di Groggol, Kab. Kediri

Rini, AnNaafi Dianing (2024) Implementasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa di SMP Islmic Internasional School Pesantren Sabilil Muttaqien di Groggol, Kab. Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932105019_Prabab.pdf

Download (526kB)
[img] Text
932105019_Bab I.pdf

Download (192kB)
[img] Text
932105019_Bab II.pdf

Download (335kB)
[img] Text
932105019_Bab III.pdf

Download (192kB)
[img] Text
932105019_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
932105019_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
932105019_Bab VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
932105019_Bab Daftar Pustaka.pdf

Download (190kB)
[img] Text
932105019 SP.pdf

Download (516kB)

Abstract

Tujuan metode Ummi adalah untuk memenuhi kebutuhan bagi sekolah- sekolah atau Qur’an yang menejemen mampu memberikan jaminan bahwa setiap siswa lulus sekolah mereka dipastikan dapat membaca Al-Qur’an dengan tartil. munculnya Ummi adalah kebutuhan sekolah-sekolah Islam terdapat pembelajaran Al-Qur’an dirasa semakin lama semakin besar, pembelajaran membaca Al-Qur’an yang baik sangat membutuhkan sebuah sistem yang mampu menjamin mutu. Bentuk-bentuk perencanaan metode ummi di SMP Islamic Internasional School Pesantren Sabilil Muttaqien, di Grogol, Kab. Kediri diperoleh data antara lain seperti adanya rancangan perencanaan pembelajaran dan silabus sebagai acuan untuk pengajar dalam menunjang penunjang pembelajaran metode ummi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yakni jenis penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus, sumber data yang digunakan adalah primer yang diperoleh langsung dari pihak kepala sekolah, koordinator metode ummi, ustaz dan ustazah, para siswa, serta wali murid di SMP Islamic Internasional School Pesantren Sabilil Muttaqien di Groggol, Kab. Kediri dan sumber data sekunder yaitu data pendukung melalui buku, jurnal, internet. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat peneliti dari lapangan tentang Implementasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur’an Siswa Di SMP Islamic Internasional School Pesantren Sabilil Muttaqien, di Grogol, Kab. Kediri adalah perencanan metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan menyusun bentuk-bentuk perencanaan berupa rancangan perencanaan pembelajaran dan silabus, pelaksanaan metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an para pengajar menerapkan metode klasikal baca simak dengan tujuh tahapan pembelajaran metode ummi dengan buku-buku pendukung berupa jilid, gharib, tajwid dan Al- Qur’an yang susuai metode ummi. Kemampuan membaca Al-Qur’an dengan melalui tahapan-tahapan sesuai stamdart metode ummi dengan mempelajari dan menerapkan ilmu tajwid, makharijul huruf dan tartil dalam pembelajaran Al- Qur’an, Evaluasi dari metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an sebagaimana diadakannya evaluasi agar progam atau rancangan yang telah disusun untuk para siswa atau siswi dapat berjalan dengan baik sesuai dengan target dan membagi menjadi tiga evaluasi berupa evaluasi harian pelaksanaan, evaluasi kenaikan jilid, evaluasi akhir atau munaqosah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Depositing User: AN NAAFI DIANING RINI
Date Deposited: 05 Sep 2024 08:42
Last Modified: 05 Sep 2024 08:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14554

Actions (login required)

View Item View Item